Jelang Arus Mudik Lebaran, Biddokes Polda Jabar Siapkan Ribuan Dokter dan Perawat di Jalur Mudik

Tribratanews.polri.go.id- Bandung. Jelang arus Mudik Lebaran 2019, Biddokes Polda Jawa Barat Bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) menyiapakan ribuan petugas dan sarana kesehatan ke seluruh kabupaten/kota untuk memberikan pelayanan bagi warga yang melakukan mudik Lebaran 2019.

Dalam hal ini, Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Biddokes) Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Arios Bismark menyampaikan bahwa untuk memastikan kesehatan anggota Polri yang bertugas di sepanjang jalur mudik Lebaran, pihaknya akan melakukan patroli kesehatan.

“Patroli ini turut menyertakan dokter dan perawat yang akan mengelilingi pos-pos Lebaran. Ini dioptimalkan karena personel, obat-obatan, dan prasarana lainnya yang kurang. Kami optimalkan agar semua pos-pos bisa kami jangkau,” kata Komisaris Besar Arios Bismark di RSHS Bandung, Minggu (26/05/19).

Selain itu, tim kesehatan Polri juga akan melayani pemudik dan masyarakat umum lainnya yang membutuhkan. Patroli kesehatan tersebut akan diberlakukan mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

Kepolisian juga menyiagakan patroli kesehatan di sejumlah titik rawan, seperti Limbangan, Nagreg, ruas tol Cipali, dan Bogor-Ciawi-Sukabumi.

“Untuk di masing-masing daerah itu ada pos-pos kesehatan yang kita siagakan,” jelas Ka Biddokes.
Dalam kesempatan ini, Staf Bidang Pelayanan Dinkes Jabar Rita Kartika, mengatakan bahwa jumlah petugas yang akan disebar pada Idulfitri kali ini tak akan jauh berbeda dengan tahun lalu.

“Berdasarkan data tahun 2018, ada 4.759 perawat, 1.123 dokter dan 2.554 supir dan tenaga kerja yang menopang tim kesehatan. Jadi untuk tahun ini jumlahnya tidak jauh berbeda bahkan tidak menutup kemungkinan ada penambahan,” kata Rita, Jumat (24/5).

Menurut Staf Bidang Pelayanan Dinkes Jabar Rita, berdasarkan data Dinas Perhubungan Jawa Barat, jumlah pemudik yang melintasi wilayah Jabar tahun lalu berjumlah 2,5 juta. Tahun ini, jumlah tersebut diperkirakan meningkat 10 persen.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya mengirimkan surat edaran kepada kepala dinas kesehatan di seluruh Jabar untuk mempersiapkan tim kesehatan di pusat layanan kesehatan mulai 29 Mei-13 Juni 2019.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password