Antisipasi Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2019, Polri Berlakukan One Way Sejauh 193 Km di Tol Trans Jawa

Tribratanews.polri.go.id- Untuk mengurangi Kemacetan pada saat arus Mudik Lebaran 2019, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana melakukan uji coba penerapan sistem satu arah atau one way di Tol Trans Jawa. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi kemacetan yang kerap terjadi saat mudik hari raya Idul Fitri.
Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si. menjelaskan, pemberlakukan one way dimulai tiga hari sebelum lebaran atau 30 Mei hingga 2 Juni 2019 di Gerbang Tol Cikampek Utama hingga Brebes Barat, Jawa Tengah.
“Kita akan memberlakukan one way selama tiga hari saat puncak arus mudik lebaran, yang dimulai 30 Mei hingga 2 Juni 2019,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri saat meninjau persiapan mudik lebaran di GT Cikampek Utama, Minggu (26/5/2019).
Kakorlantas Polri juga mengatakan akan mererapkan one way juga akan diberlakukan saat arus balik mulai Brebes barat km 263 hingga Cikampek Utama km 70 ,sejak tanggal 10 hingga 12 Juni 2019.
“Pemberlakuan satu arah saat arus mudik dan balik lebaran diberlakukan H-3 hingga H-3 lebaran,” tegas Jenderal Bintang Dua tersebut.
Selain itu, Kakorlantas juga menyampaikan pemberlakukan satu arah dari Jakarta hingga Brebes barat karena volume kendaraan pemudik pada H-3 akan mengalami peningkatan secara siginifikan. Setelah pemindahan gerbang utama Cikarang ke gerbang Utama Cikampek sejak 23 Mei 2019 mampu mengurangi kemacetan.
Uji coba itu akan dilakukan pada 30 Mei 2019. Uji coba tersebut, serta sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk penerapannya ke depan, sehingga saat puncak arus mudik dan arus balik lebaran akan pertimbangan dalam mengambil keputusan selanjutnya.
“Justru pada hari pertama akan dilakukan uji coba, mudah-mudahan tanggal 30 Mei nanti sudah dapat gambaran sehingga keputusan-keputusan lebih baik lagi sudah lebih matang,” jelas Mantan Karoprovos Divpropam Polri.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password