Wujudkan Transparansi Polres Klaten Sosialisasikan DIPA RKA K/L Tahun Anggaran 2017

Tribratanews.polri.go.id – Klaten, Polres Klaten melaksanakan Sosialisasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) / Rencana Kerja dan Anggaran – Kementerian dan Lembaga (RKA-KL) Tahun Anggaran 2017, dengan didampingi Tim dari Biro Perencanaan Polda Jawa Tengah, Selasa (24/1/2017) di Aula Satya Haprabu.

Tim pendamping berjumlah 4 personel yang dipimpin oleh Kabag Renprogar Rorena Polda Jateng, AKBP Yudi Priyono SH, MH dengan anggota Tim, Kasubbid APK Kompol Dra. Titik Wahyuni, Kompol Umi Mardiyah dan Brigadir Benny.

Kegiatan yang dibuka oleh Kapolres Klaten, AKBP M. Darwis SIK, M.Si. itu, selain diikuti para pejabat Polres hingga Kapolsek jajaran juga menyertakan Forkompimda Klaten, LSM hingga awak media.

Dalam sambutannya Kapolres Klaten menyampaikan tentang analisa dan evaluasi penggunaan DIPA Tahun 2016 dan DIPA Tahun 2017.

“DIPA untuk tahun anggaran 2017 yang sudah diterima Polres Klaten sebesar Rp 119.385.883.000,-mengalami kenaikan dari tahun 2016 sebesar Rp. 26.773.771.000,- dimana tahun lalu Polres Klaten menerima Rp. 92.612.112.000,- , itu sudah termasuk penghematan dan self blocking pada 2016” ungkapnya.

Menurut AKBP Darwis anggaran dalam DIPA tersebut, selain untuk kegiatan pelayanan masyarakat, juga untuk meningkatkan kinerja kepolisian dalam bertugas. Dan penegakan hukum guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Klaten.

“Alokasinya akan dibagi dalam 13 program, seperti dukungan managemen, peningkatan sarpras, pengawasan, diklat Polri, perkembanagan strategi pengamanan, potensi keamanan, harkamtibmas, penyelidikan dan penyidikan, serta bantuan hukum”, paparnya.

Sementara Kepala Tim Pendamping Rorena Polda Jateng, AKBP Yudi Priyono SH, MH menerangkan bahwa DIPA RKA-K/L TA 2017 ini adalah merupakan anggaran negara, Ia pun menekankan agar penyerapan anggarannya dapat sesuai dengan rencana kegiatan dan jangan ada penyalahgunaan atau penyimpangan anggaran.

“Pelaksanaan sosialisasi ini diselenggarakan sebagai wujud transparansi anggaran kepada seluruh anggota dan masyarakat sebagai pengawas eksternal guna mendukung tugas-tugas Kepolisian”, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Polres Klaten juga menyerahkan kertas kerja RKA KL kepada tim pendampin dari Biro Perencanaan Polda Jateng.

(Erq/Humas Polres Klaten)

editor : Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password