Ditlantas Polda Metro Jaya Prediksi Jam Rawan Kemacetan Bergeser Selama Ramadhan

Tribratanews.polri.go.id Jakarta. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi akan ada pergeseran jam rawan kemacetan akibat pola aktivitas masyarakat yang berubah ketika Bulan Ramadan.

“Tentu ada perubahan jam kemacetan seperti di tahun-tahun sebelumnya, karena ada perubahan pola di masyarakat saat bulan puasa ini,” jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol M Nasir ketika dikonfirmasi pada Senin (06/05/19).

Perubahan pola ini dikarenakan adanya surat edaran dari Pemerinta Provinsi DKI Jakarta terkait jam masuk dan pulang kantor selama Ramadan. Hal ini lah yang kemudian menyebabkan jam rawan kemacetan bergeser.

Ia mencontohkan, seperti jam berangkat kantor, di mana semula pukul 05.30 WIB bergeser menjadi pukul 06.00 WIB. Sehingga jam rawan kemacetan pun bergeser ke pukul 06.30 WIB.

“Perubahan tersebut, karena waktu masuk kantor yang disampaikan pemerintah (adalah) pukul 08.00 WIB,” tegas Kompol M Nasir.

“Kemudian jam Pulang kantor berdasarkan aturan pemerintah dipercepat pukul 15.00 WIB. Jadi pergerakan arus lalu lintas akan ikut bergeser disekitar pukul 15.00 – 18.00 WIB,” terang jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya

Kompol M Nasir menjelaskan, nantinya petugas lantas yang bertugas tidak hanya berjaga di satu titik saja. Melainkan mobile atau berpindah-pindah tempat sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

“Lalulintas bersifat mobile maka petugasnya akan bergerak sesuai dengan permasalahan lantas. Seperti macet, langgar (pelanggaran lalu lintas) dan laka (kecelakaan). Maka petugas lantas akan mengikuti arus kebutuhan tersebut,” tutur Perwira Menengah Polda Metro Jaya.

Namun ia mengungkapkan, biasanya titik kemacetan akan berada di sekitar lokasi pusat jajanan. Mengingat pada Ramadan akan banyak pasar kaget yang menjual aneka kuliner untuk berbuka puasa.

“Yang pasti dan sudah terjadi pola kulineri itu bergeser ke jajanan jalanan yang sifatnya insidentil, yaitu pasar kaget dan food street yang berada dipinggir jalan dan kawasan tertentu,” tutup Kompol M. Nasir

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password