Polri Bakal Perbanyak Giat Intelijen Cegah Vandalisme Kelompok Berbaju Hitam

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polri mengatakan akan memperbanyak kegiatan intelijen dalam rangka mengurangi atau mencegah aksi vandalisme kelompok berbaju hitam seperti yang terjadi di Hari Buruh terulang. Menurut kepolisian, giat intelijen itu juga dilakukan untuk mengidentifikasi profil kelompok tersebut.

“Kita sudah berhasil identifikasi kelompok tersebut, kita lebih banyak melakukan kegiatan intelijen, dalam rangka mitigasi, identifikasi, dan profiling kelompok tersebut,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Kamis (2/5/2019).

Selain itu, Jenderal Bintang Satu itu juga menyatakan pihak Polri akan melakukan pembelajaran dan edukasi bagi para pelajar yang diamankan akibat melakukan aksi vandalisme pada hari buruh. Langkah tersebut dilakukan karena hampir 50 persen pihak yang diamankan masih berusia remaja.

“Kemudian jajaran wilayah akan lakukan upaya persuasif edukasi, karena kalau di Jawa Barat, hampir 50 persen anak belasan tahun,” jelas Karo Penmas.

Brigjen. Pol. Dedi Prasetyo menyatakan aksi vandalisme yang diduga dilakukan oleh kelompok berbaju hitam saat aksi May Day terjadi di beberapa kota. Menurutnya, yang aksi vandalisme paling banyak terjadi di Jawa Barat.

“Di Jabar 619, paling banyak Jabar, Metro berhasil diredam, Surabaya 6, Malang 2, kemudian Jateng nihil. di Makassar masih nihil, memang paling kelihatan tumbuh banyak di Bandung,” lanjut Karo Penmas.

Dia menyatakan ada kesamaan ciri dari para pelaku vandalisme ini. Namun, butuh penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui apakah aksi di tiap kota saling berkaitan satu dan lainnya.

“Lihat dari cirinya, dan pola dia melakukan kegiatan vandalisme, dan simbol bendera huruf abjad ‘A’ memiliki kemiripan, tapi kalau ditarik benang merah keterkaitan, masih harus pendalaman lagi,” tangkas Mantan Wakapolda Kalteng itu.

(my/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password