Kapolda Aceh Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Rencong 2019

Tribratanews.polri– Banda Aceh. Dalam rangka pelaksanaan Operasi Keselamatan Rencong 2019, Kapolda Aceh, Irjen Pol. Drs. Rio S. Djambak selaku inspektur upacara memimpin apel gelar pasukan yang digelar di halaman Mapolda, Senin (29/04/19).

Turut hadir Wakapolda, Irwasda dan para Pejabat Utama Polda Aceh serta Danpomdam IM, Kadishub Provinsi Aceh, Kasapol PP/WH Provinsi Aceh, Kepala PT, Jasa Raharja Cabang Aceh, Kapolresta Banda Aceh, Dandim 0101/ BS, Kadishub Kota Banda Aceh, Ketua Senkom Kota Banda Aceh dan para undangan dari instansi terkait lainnya.

Apel gelar pasukan tersebut ditandai penyematan pita tanda operasi oleh Kapolda Aceh kepada tiga perwakilan personil masing-masing dari Pomdam, Polantas dan Dishub.

Dalam sambutannya Kapolda Aceh menyampaikan kondisi dan perkembangan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Provinsi Aceh selama Tahun 2019, masih menunjukkan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Jumlah kecelakaan lalu lintas sampai dengan bulan Maret 2019 telah mencapai 1.121 kasus, dengan jumlah korban meninggal dunia 189 orang, luka berat 124 orang dan luka ringan 1.568 orang serta jumlah pelanggaran yang mencapai 9.110 kasus.

Kapolda menerangkan, salah satu langkah inovasi yang telah dilaksanakan lalu lintas Polri adalah melalui penyelenggaraan millennial road safety festival pada bulan maret 2019 yang lalu, dimana kegiatan difokuskan kepada para generasi muda atau dikenal dengan generasi millennial sebagai pelopor dalam membina dan memelihara keamanaan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

Dengan terwujudnya peningkatan kualitas keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya melalui berbagai upaya masif untuk memaksimalkan terwujudnya jalan raya tanpa kecelakaan lalu lintas.

“Untuk mewujudkan kondisi yang diharapkan tersebut, salah satunya diimplementasikan dengan menggelar operasi Kepolisian mandiri kewilayahan dengan sandi “Keselamatan Rencong-2019,” jelas Kapolda.

Operasi ini dalam bentuk pemeliharaan keamanan berlalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai penegakan hukum secara selektif prioritas.

Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas guna terciptanya Kamseltibcarlantas di wilayah provinsi Aceh terutama pasca Pileg dan Pilpres tahun 2019. Disamping itu sebagai upaya cipta kondisi menjelang pelaksanaan bulan suci Ramadhan 1440 H, pungkas Kapolda.

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password