Bulan Mei Polri akan Hadapi 2 Even Besar, Pengamanan Rekapitulasi Akhir Pemilu 2019 dan Operasi Ketupat

Tribratanews.polri.go.id.Jakarta. Pada bulan Mei mendatang Polri akan menghadapi dua event besar nasional. Yang pertama, rekapitulasi penghitungan final Pemilu 2019 yang dijadwalkan pada tanggal 22 Mei, dan Operasi Ketupat guna menyambut musim mudik Lebaran 2019.

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengatakan kekuatan harus dibagi. Karena dua agenda tersebut merupakan peristiwa penting secara nasional.

“Operasi ketupat udah mulai dirancang minggu ini, jadi ada 2 operasi, yakni operasi ketupat berapa kekuatan personel yang dibutuhkan. Tentu juga kegiatan tahapan pemilu, penetapan hasil suara nasional tanggal 22 itu diantisipasi secara maksimal,” ungkap Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (25/4).

Kemudian, Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan, pada tanggal 22 Mei Polri akan memusatkan kekuatannya di Jakarta. Jumlah tersebut hanya mengurangi sepertiga personel di masing-masing daerah.

“Soalnya kalau tanggal 22 kan konsentrasi pengamanan muara di Jakarta. Karena tahapan akhir di Jakarta. Jadi kekuatan di wilayah hanya 1/3-1/3, karena fokus amankan surat suara di PPK, tingkat kabupaten maupun tingkat kota,” jelas mantan Wakapolda Kalteng tersebut.

Selain pengamanan final Pemilu 2019 dan Operasi Ketupat 2019, Polri juga telah menerjunkan tim Satgas Pangan menjelang bulan Ramadhan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga.

“Ini penting, ini jelang Ramadhan, kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan pokok meningkat. Dan, Satgas pangan sudah bekerja mengecek itu semua dan bekerja dengan stakeholder terkait. Ketersediaan harus cukup, harga-harga harus stabil. Itu yang dipersiapkan Polri untuk menghadapi 2 event besar nasional,” tegas Jenderal Bintang Satu tersebut.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password