Wakapolda NTT : Polisi Harus Jadi Pelayan

Tribratanews.polri.go.id – Bajawa. Wakapolda NTT, Brigjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.I.K., M.Hum., mengingatkan anggota kepolisian Polres Ngada di Bajawa agar dalam menjalankan tugas harus seperti seorang pelayan restoran.

Ia menegaskan, tugas Polri ada tiga. Ketiganya yaitu; pemelihara kamtibmas, penegakan hukum dan memberikan perlindungan, pengayom dan pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga mengingatkan agar tidak boleh lamban dalam melayani masyarakat. Jadilah seperti pelayan disebuah restoran. Yang dengan cepat, ramah kepada tamu yang datang. Anggota Kepolisian jangan menunjukan sikap tak terpuji kepada masyarakat. Layani mereka dengan setulus hati tanpa pandang orang tersebut berasal atau latar belakangnya.

“Kita harus menjadi pelayan masyarakat, tuan kita adalah masyarakat, karena kita bekerja dan digaji oleh masyarakat. Kita harus bekerja cepat, tepat, tanggap, ramah, kepada tuan kita adalah masyarakat, hal ini yang banyak belum disadari oleh anggota Polri yang justru bersikap feodal yang tidak mencerminkan sebagai pelayan masyarakat. Berikan pelayanan kepada masyarakat tanpa pandang bulu, siapapun yang datang melapor harus dilayani dengan baik,” jelas Jenderal Bintang Satu itu saat memimpin Apel Gelar Almatsus Polres Ngada jelang persiapan Pengamanan Pemilu 17 April 2019 di Lapangan Kartini Kota Bajawa, Kamis (11/4/2019).

Pada kesempatan tersebut, Wakapolda NTT juga mengingatkan anggota Polres Ngada agar tidak boleh melakukan pungutan liar (pungli). Sebab anggaran dan segala sarana prasarana sudah cukup dan hampir ada semua di Polri.  Ia juga memberikan arahan terkait pengamanan Pemilu yang akan berlangsung Rabu (17/4/2019) di seluruh Indonesia.

Ia menyebutkan Pemilu kali ini cukup rumit karena ada 5 jenis pemilihan secara bersamaan. Hal ini tentu saja baru pertama kali dilaksanakan. Perhitungan suara pun, memakan waktu yang cukup lama. Ia mengingatkan anggota kepolisian yang melakukan pengamanan untuk menyiapkan diri dengan baik.

“Persiapkan diri dan rencanakan dengan baik untuk melaksanakan pengamanan, sehingga proses rangkaian Pemilu berjalan aman, kita harus pastikan atau jamin semua TPS aman,” tegasnya.

Ia mengharapkan agar personel Polres Ngada sudah mengerti tugas dan tanggung jawab, serta perannya masing-masing. Selain itu harus tepat waktu menjalankan tugas. Ia berharap agar, Polisi bisa mengenali karakteristik masyarakat dan topografi wilayah pengamanan TPS. Sehingga bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan baik.

“Selain itu sarana prasarana harus dipersiapkan dengan baik, baik itu kendaraan ataupun persenjataan,” tutup Mantan Wakapolda Sulut itu.

Ia meminta agar menjalankan tugas penuh tanggungjawab dan siap selalu. Tetap profesional dan menjadi yang terbaik.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password