Kapolda Riau Dianugerahi Gelar Adat “Datuk Palimo Sutan Dirajo”

Tribratanews.polri.go.id – Pekanbaru. Setelah dilakukan prosesi pemberian gelar oleh Penghulu Suku Kenegerian Air Tiris, Kapolda Riau, Irjen. Pol. Drs. Widodo Eko Prihastopo, M.M., resmi bergelar “Datuk Panglimo Sutan Dirajo” dari Pesukuan Bendang Datuk Paduko Majo Kenegerian Air Tiris, Kabupaten Kampar. Pemberian gelar ini dilaksanakan siang tadi, Senin (08/04/19) di Balai Adat Kenegerian Air Tiris.

Dalam pemberian gelar adat ini juga hadir Sekdaprov Riau, forkopimda Provinsi Riau, Bupati Kampar, Ketua DPRD Kampar dan masyarakat adat di Kenegrian Kampar.

Kedatangan Kapolda Riau disambut oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto S.H., serta Forkopimda Kampar, Ketua Lembaga Adat Kampar H. Sartuni Datuk Paduko Majo dan Para Datuk serta Tokoh Adat seluruh Kenegerian Kabupaten Kampar.

Acara penyambutan diawali tari persembahan dan diiringi musik tradisional Gubano, selanjutnya Kapolda Riau beserta rombongan menuju Balai Adat Kenegerian Air Tiris untuk mengikuti prosesi penganugerahan Gelar Kehormatan.
Penobatan Gelar Kehormatan Datuk Palimo Sutan Dirajo dipimpin Ketua Lembaga Adat Kampar H. Sartuni Datuk Paduko Majo.

Prosesi dilanjutkan penyerahan Keris oleh Sekda Prov. Ahmad Hajazi kepada Kapolda Riau selaku Datuk Palimo Sutan Dirajo. Lalu giliran Bupati Kampar diberi kehormatan untuk memasang Selendang Datuk kepada Kapolda Riau selaku Datuk Palimo Sutan Dirajo.

Usai menjalani rangkaian ritual adat itu, Datuk Palimo Dirajo, Jenderal bintang dua tersebut menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kampar, atas penobatan Gelar Kehormatan ini.

“Jujur ada rasa takut dalam hati saya atas Penobatan Gelar Adat ini. Karena merupakan amanah dari masyarakat Kampar yang diberikan kepada saya. Semoga saya dapat mengemban amanah ini dengan baik,” tutur Kapolda Riau.

Menurut Datuk Palimo Dirajo Widodo Eko Prihastopo, dirinya memahami hal ini sebagai anugerah sekaligus tanggungjawab, untuk memajukan kebudayaan sekaligus memelihara keamanan masyarakat.

“Namun saya menyadari Adat merupakan aset dan sumber energi untuk kemajuan bangsa. Do’akan kami dan Polda Riau dapat mengemban amanah ini serta dapat menjunjung tinggi anugerah ini sepanjang masa,” jelas Kapolda Riau.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password