Ditreskrimsus Polda Jateng Kembali Berhasil Ungkap Kasus Penyalahgunaan Gas Bersubsidi

Tribratanews.polri.go.id – Semarang. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng Kombes Hendra Suhartiyono didampingi Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmaja melaksanakan konferensi pers pengungkap kasus tindak pidana pemindahan gas LPG 3 kg bersubsidi ke tabung gas 5,5kg dan 12 kg non subsidi di Kantor Ditreskrimsus Polda Jateng Jalan Sukun Semarang, (28/3/19).

Dirreskrimsus menjelaskan, Tim dari Ditreskrimsus Polda Jateng berhasil mengungkap penyalahgunaan gas bersubsidi ini dari 3 tempat berbeda salah satunya di Kota Semarang. “Tanggal 11 Maret 2019, Tim berhasil mengamankan AA yang diduga melakukan pemindahan gas bersubsidi 3 kg ke tabung gas non subsidi 5,5 kg dan 12 kg di Perumahan Grand Marina Blok 8 Nomor 4 Kelurahan Tawangsari Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang,” jelasnya.

Dirreskrimsus juga mengatakan, dari tersangka AA, petugas berhasil mengamankan 38 tabung gas LPG 3 kg, 6 tabung gas LPG, 2 tabung gas LPG 5,5kg, pipa besi untuk memindahkan gas serta 1 buah timbangan. “Tersangka memindahkan gas dari tabung LPG 3 kg ke tabung 5,5 kg dan 12 kg dengan menggunakan pipa besi dan es batu sebagai sarana pendinginannya,” jelasnya.

Dirreskrimsus juga menambahkan, gas LPG 5,5 kg dan 12 KG tersebut diperdangankan di daerah Semarang serta Kendal, dengan omset penjualan perbulan mencapai 100 juta rupiah dengan keuntungan bersih sebesar 30 juta rupiah. “Tersangka AA kami sangkakan dengan pasal 106 Undang-undang RI nomor 7 tahun 2014, Pasal 32 ayat 1 Undang-undang RI tahun 1981 serta Pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 ayat 1 huruf a dan b Undang-undang RI nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman pidana paling lama 5 tahun dan atau denda paling banyak 2 Milyar Rupiah,” jelasnya.

(Bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password