Oknum Caleg Bersama Komplotannya Diamankan Polisi, karena Lakukan Pencurian untuk Biaya Kampanye

Tribratanews.polri.go.id. – Bogor. Oknum calon Legislatif sekaligus bos komplotan pencuri berhasil ditangkap oleh Polisi. Oknum tersebut berinisial SP (36). Dari pengakuan pelaku, uang dari hasil mencuri bersama komplotannya digunakan untuk biaya kampanye. Komplotan SP tersebut memiliki spesialis nasabah bank dan sudah beraksi di sejumlah kota besar. Modus komplotan SP tersebut adalah melakukan penggembosan ban kendaraan nasabah. Setelah itu, anggota SP lainnya mencuri uang yang ada di dalam mobil korban.

SP (36) ditangkap bersama empat rekannya, AM (32), NJ (42), HR (28), dan NA (31) atas kasus pencurian dengan pemberatan bermodus pecah kaca dan gembos ban. Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Benny Cahyadi, menjelaskan, saat menjalani pemeriksaan, SP (36) mengaku nekat melakukan perbuatannya karena kebutuhan untuk kepentingan pencalegan dan kampanye. Dari hasil pengembangan sementara, Polisi berhasil amankan barang bukti sebesar Rp40juta.

Komplotan ini merupakan residivis antar provinsi dan sudah berkali-kali beraksi di berbagai tempat. Sejauh ini, mereka beraksi di wilayah selatan Sumatera Palembang, selain itu beroperasi di wilayah Bogor saja tetapi di berbagai lokasi ada di Jakarta, Tangerang, termasuk di Bekasi.

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP AM Dicky mengatakan, bahwa SP bukan caleg yang berasal dari dapil Kabupaten Bogor. Caleg tersebut menduduki dapil dari wilayah luar jawa. Dari hasil penangkapan, Polisi menyita sejumlah barang bukti dari tangan para pelaku, antara lain delapan unit HP berbagai macam merk, tiga busi motor, empat pack kartu perdana Axis, empat dompet, dua kunci sepeda motor, satu lembar STNK dan potongan payung.

 

Selain itu, barang bukti yang diamankan satu unit sepeda motor Suzuki Satria FU, Honda Beat dan satu unit Honda Vario. Mereka mengaku sudah 5 bulan beraksi bersama. Atas perbuatannya, para pelaku disangkakan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password