Polda Bali Matangkan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019

Tribratanews.polri.go.id. – Denpasar. Mematangkan persiapan pengamanan pemilu 2019, Polda Bali dan Polresta Denpasar menggelar latihan simulasi sispamkota di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar, Selasa (19/3).

Kapolda Bali, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengatakan, kegiatan Sispamkota ini dilakukan karena kurang satu bulan lagi sudah pelaksanaan pemilu. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Dalam simulasi tersebut, ada sekitar 10 tahapan yang diperagakan. Hal tersebut dilakukan untuk menginvetarisir setiap kemungkinan yang dapat menggangggu pada setiap tahap-tahapan, sampai hal-hal yang sangat teknis sekalipun dilakukan dalam simulasi.

 

Selain diperagakan massa berjumlah ratusan orang mengamuk dan memprotes proses pemilu. Pasukan Polda Bali dan Polresta Denpasar berusaha menghadangnya. Sejumlah peralatan pendukung juga disiagakan seperti mobil water cannon, Unit satwa K-9, Tim Jihandak dan pasukan anti hura hara. Serta personel Korem 163/Wira Satya bersenjata laras panjang ikut terjun dan mengamankan objek-objek vital terutama di Kantor KPU dan Kantor Bawaslu.

 

Usai latihan Kapolda mengatakan, bahwa kesiapan dan kesiapsiagaan anggota sudah betul-betul menunjukkan profesional dari masing-masing skill serta sistem pengendalian atau penanganan huru-hara saat terjadi unjuk rasa di lapangan, tetap mengedepankan atau sesuai koridor dan hak asasi manusia.

 

Dalam pengamanan objek vital apabila terjadi sesuatu di luar dugaan pada saat pemilu, pihaknya akan bekerja sama dengan para stakeholders. “Saat ini di wilayah Bali tidak temukan adanya gangguan atau hal-hal menonjol. Tidak ada juga tempat-tempat atau wilayah di Bali yang rawan. Kita patut bangga karena berdasarkan survei, Bali menjadi daerah aman kedua di Indonesia saat pelaksaan Pilgub Bali 2018,” tegasnya.

 

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password