Polda Kaltim Dalami Kasus Korupsi RPU Yang Melibatkan 2 Anggota DPRD

Tribratanews.polri.go.id – Samarinda. Polda Kalimantan Timur (Kaltim) masih mengembangkan dan mendalami keterlibatan pihak lain dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan Rumah Pemotongan Ynggas (RPU) Balikpapan.

 

Dari hasil pemeriksaan penyidik telah menetapkan 7 tersangka dalam kasus tersebut dan sudah menjalani proses penahannan.

 

“Enam di antaranya telah ditahan dan saat ini menjalani persidangan di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim, Samarinda,” kata Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya Suryana, Senin (18/2).

 

Adapun inisial  enam dari tujuh tersangka yaitu AM, RPM, NO, CC, MY dan SE. Untuk tersangka lainnya yakni AW masih ditahan di Mapolda Kaltim, menunggu perkara berstatus P21 untuk dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Kaltim.

 

“Dalam perkembangan penyidikan, Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Kaltim saat ini tengah memeriksa dua orang lagi yang diduga ikut terlibat. Mereka merupakan anggota legislatif Balikpapan masing-masing berinisial ABD dan ABDY,” terang Kabid Humas Polda Kaltim.

 

Kombes Pol Ade Yaya Suryana juga menambahkan, “Kami  sudah melakukan gelar perkara, namun belum ada penetapan tersangka. Sejauh ini kedua orang tersebut masih sebatas saksi”.

 

Pihaknya menjelaskan alasan belum ditetapkan sebagai tersangka karena alat bukti dari penyidik masih belum lengkap dan belum memenuhi syarat formil.

 

Untuk diketahui, kasus ini sebelumnya ditangani Polres Balikpapan hingga kemudian dilimpahkan ke Polda Kaltim. Adapun lokasi lahan RPU ini berada di Jalan Soekarno Hatta Km 13, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara. Kasus ini menjalani proses pengusutan sejak Agustus 2017.

 

Kasus ini terungkap setelah penyidik Polri menemukan adanya kejanggalan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Balikpapan tahun 2015. Saat itu anggaran untuk pengadaan lahan RPU tertulis Rp2,5 miliar. Namun dalam APBD 2015 membengkak menjadi Rp12,5 miliar.

 

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password