Tiga Strategi Pendekatan Korlantas Polri Hadapi Kemajuan Teknologi

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si. mengungkapkan, kepolisian menggunakan tiga pendekatan dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk memudahkan petugas dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian. Rabu, (30/1/19).

“Ada tiga prinsip pendekatan pemolisian yang bisa dilakukan yaitu pertama berbasis wilayah atau area, yang kedua berbasis kepentingan atau fungsi atau dari aktivitas, dan yang ketiga berbasis dampak masalah,” jelas Brigjen. Pol. Dr. Chryshnanda Dwilaksana.

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri menjelaskan, teknologi informasi dielaborasi untuk mendukung tugas-tugas kepolisian, kemudian di analisa dan dikembangkan menjadi data agar informasi yang disajikan menjadi lebih mudah dipahami oleh masyarakat, termasuk generasi milenial.

“informasi yang masuk terstruktur dan dibangun sistematis, serta saling terhubung,” tambah Jenderal Bintang Satu tersebut.

Pemodelan penggunaan teknologi informasi semacam inilah yang menurutnya akan mampu menjawab setiap permasalahan yang telah dan akan terjadi. Sehingga penyajian data yang diolah oleh teknologi informasi di kepolisian tepat penyampaiannya ke masyarakat, perlu dilengkapi pula dengan visualisasi berupa peta, tabel grafik, diagram maupun gambar.

Data visual semacam itu menurutnya juga menjadi alat bantu polisi dalam memprediksi, membuat antisipasi secara cepat dan tepat.

Sistem teknologi di era digital selain pembaca signal maupun pergerakan juga mengandalkan kamera yang berfungsi untuk menangkap obyek yang diolah menjadi data.

Karena ini sangat penting diantaranya untuk menangani masalah yang berkaitan dengan kecepatan serta informasi maupun reaksi cepat pada saat emergency.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password