4 Warga Bulgaria Pelaku Skimming di Bekuk Polda Bali

Tribratanews.polri.go.id – Denpasar. Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bali berhasil menangkap pelaku kejahatan Cyber Crime (skimming) melalui ATM yang terjadi di wilayah Denpasar. 4 orang Pelaku diketahui warga Bulgaria berinisial KDY, VRG, VKN, VVC.

 

Pelaku berhasil ditangkap berawal dari koordinasi yang dilakukan oleh Ditreskrimsus Polda Bali dengan pihak perbankan yang ada di wilayah Denpasar terkait maraknya kasus skimming kartu ATM.

 

Dari hasil koordinasi tersebut, Polisi berhasil menemukan peralatan berupa router wifi dan kanopi (cover pin) yang sudah dimodifikasi atau diisi kamera tersembunyi, yang terpasang di mesin ATM Bank BNI di area Restaurant Shinning Jewel, Jalan Danau Tamblingan Sanur, Denpasar. Kamera CCTV yang terpasang di mesin ATM tersebut juga sudah dirusak.

 

Unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Bali di backup satgas CTOC Polda Bali, melaksanakan penyelidikan dan pemantauan di area mesin ATM tersebut. Setelah beberapa waktu, datang sebuah mobil yang dikendarai oleh warga Bulgaria yang berusaha mengganti kanopi (cover PIN) yang terdapat kamera tersembunyi dengan yang aslinya.

 

Selanjutnya petugas langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku KDY dan VRG kemudian dilakukan penggeledahan di mobil pelaku ditemukan 1 buah parang dan juga handphone.

 

Pemeriksaan dan penggeledahan dilanjutkan ke rumah tempat tinggal pelaku yang beralamat di daerah Sanur, Denpasar. Petugas berhasil menemukan seorang warga Bulgaria berinisial VKN, sebuah handphone, dan laptop yang diduga digunakan melakukan kejahatan Cyber Crime.

 

Berdasarkan hasil pengembangan dari ketiga pelaku yang sudah diamankan sebelumnya polisi kembali berhasil menangkap pelaku lain yang juga berkewarganegaraan Bulgaria berinisial VVC.

 

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Hengky Widjaja, membenarkan adanya penangkapan pelaku kasus kejahatan cyber crime (skimming) yang dilakukan oleh empat pelaku warga Bulgaria, Rabu (02/01/19).

 

(wm/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password