Polda Maluku Gelar Pelatihan Pra Operasi Lilin Siwalima 2018

Tribratanews.polri.go.id- Ambon.Kepolisian Daerah (Polda) Maluku gelar pelatihan Pra Operasi Lilin Siwalima 2018 yang dibuka oleh Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Maluku Kombes Pol.Gatot Mangkurat Putra P.J. S.I.K yang bertema “Melalui Bimtek Pelatihan Pra Operasi Kita tingkatkan Profesionalisme Polri Dalam Pengamanam Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri”. (18/12/2018)

Pelatihan ini digelar di Rupattama yang dihadiri oleh Dir Narkoba Polda Maluku Kombes Pol. Thein Tabero, SH., S.I.K., Dir Sabhara Polda Maluku Kombes Pol. Drs. Irwan Rahmaini, para Pamen, Pama dan Peserta Pelatihan Pra Operasi Lilin Siwalima 2018.

Dalam pelatihan Pra Ops Karo Ops Polda Maluku membacakan sambutan dari Kapolda Maluku yang mana menyampaikan bahwa perayaan Natal 2018 merupakan hari besar bagi umat kristiani diseluruh Dunia yang berlangsung tanggal 25 Desember. Serta pelaksanaan Tahun Baru 2019 yang disambut dan disemarakan dengan berbagai kegiatan oleh jemaat krsitiani maupun masyarakat secara umum.

Karo Ops dalam pelatihan ini juga menjelaskan bahwa peran aktif kepolisian untuk melakukan pengamanan sangat dibutuhkan pada momen-momen keramaian bernuansa agama, karena stabilitas kamtibmas menjelang Natal dan Tahun Baru sangat dipengaruhi oleh perkembangan situasi poleksosbudkam baik pada tingkat lokal, nasional maupun global/internasional, dengan potensi kejahatan/pelanggaran hukum baik konvensional ataupun implikasi kontijensi sara.

Sasaran dalam operasi lilin Siwalima 2018 yaitu segala bentuk Potensi gangguan, ambang gangguan , gangguan nyata sebelum , saat maupun setelah perayaan Natal dan Tahun Baru yang dapat menghambat kegiatan yang akan dilakukan oleh masyarakat.

Berikut operasi target meliputi :
1. Orang yaitu warga masyarakat yang melaksanakan ibadah di Gereja – gereja maupun tempat – tempat lain yang digunakan untuk beribadah, yang berbelanja untuk keperluan natal 2018 dan tahun baru 2019 serta warga masyarakat yang berekreasi ke tempat- tempat wisata.
2. Benda meliputi petasan mercon, kembang api dan minuman keras tanpa ijin/ilegal serta rumah kosong yang ditinggalkan oleh pemiliknya yang sedang keluar kota.
3. Lokasi/tempat yaitu tempat-tempat rawan kriminalitas, rusuh massal, perkelahian kelompok, antar kampung/desa, rawan terror bom, tempat hiburan masyarakat (kafe, karaoke, diskotik) dan yang paling utama Gereja dan tempat lain yang digunakan untuk perayaan natal.
4. Kegiatan masyarakat meliputi kegiatan ibadah, perayaan natal dan tahun baru, kegiatan rekreasi / wisata / belanja dan kegiatan arus mudik serta arus balik.

Dilaksanakannya Operasi Lilin Siwalima 2018 guna untuk memelihara kamtibmas dan memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam merayakan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 sehingga dapat berjalan dengan rasa aman dan nyaman.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password