Polda Jateng Siagakan Seluruh Tim Kesehatan Polres Hadapi Musim Bencana

Tribratanews.polri.go.id – Semarang. Polda Jateng menggelar sosialisasi Disaster Victim Identification (DVI) RS Bhayangkara kepada Tim Urusan Kesehatan Seluruh Polres Jajaran di MG Setos Hotel, Semarang, Kamis (06/12/2018). Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan penanganan pada musim bencana.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum., serta Kepala Bidang DVI Pusdokkes Polri, Kombes Pol. Dr. Lisda Cancer yang sekaligus menjadi pembicara.

 

“Bencana yang rawan terjadi biasanya tanah longsor, angin ribut beberapa wilayah memang rawan seperti Wonosobo, Banjarnegara atau Brebes makanya Urkes tiap polres kami undang supaya mereka bisa melakukan langkah-langkah SOP DVI awal secara benar seperti apa. Baru nanti tim gabungan akan masuk,” tegas Kapolda.

 

Biddokes Polda Jateng juga mengundang pembicara dari Badan Nasional Penanggulanagan Bencana (BNPB) dan Basarnas. Sementara Kepala Bidang DVI Pussdokes Polri menjelaskan bahwa Koordinasi dnegan instansi lain sangat diperlukan karena DVI hanya memeriksa korban.

 

“Dalam kondisi apapun korbannya mereka harus bisa menemukan identitasnya. Sementara kewenangan evakuasi ada di ranah SAR. Yang utama adalah penanganan awal untuk mempermudah fungsi identifikasi. Karena ini kan lintas sektoral nggak hanya satu instansi nah ini bagaimana caranya kita bisa berkolaborasi dengan baik,” ujar Kabid DVI.

 

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password