Ini Dia 5 Zona Rekayasa Lalin dalam Reuni 212

Tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan secara situasional selama Reuni 212 berlangsung. Reuni 212 digelar mulai pukul 03.00 WIB, Minggu (2/12). 1.459 personel dikerahkan untuk mengatur lalu lintas di sekitar lokasi.

Ada sekitar lima titik jalan yang mengalami rekayasa lalu lintas. Pengaturan lalu lintas sendiri dilakukan dalam lima zona yaitu A, B, C, D, dan E dengan rincian sebagai berikut:

Zona A

1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk akan dibelokkan ke kiri menuju arah Jalan Juanda, sementara dari arah Jalan Majapahit akan berlangsung normal.

2. Pengendara dapat belok ke kiri menuju Jalan Suryo Pranoto atau lurus ke arah Jalan Gajah Mada serta belok kanan ke Jalan Juanda.

3. Massa Reuni Akbar 212 dapat menggunakan Gedung Bank Tabungan Negara, Gedung Bank Niaga, dan eks Pengadilan Negeri Jakpus sebagai kantong parkir.

Zona B

1. Arus dari Jalan Juanda akan diarahkan lurus ke arah Jalan Gunung Sahari.

2. Arah dari Jalan Katedral diluruskan ke Jalan Pasar Baru dan selanjutnya akan diarahkan petugas di perempatan Jalan Gunung Sahari.

3. Kemudian kendaraan dari arah Jalan Meruya Timur yang menuju ke Jalan Meruya Utara diluruskan ke Jalan Perwira.

4. Dalam zona ini, massa yang menggunakan kendaraan sepeda motor, mobil, maupun bus dapat parkir di halaman Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, serta jalur pertama di sepanjang Jalan Lapangan Banteng Selatan.

Zona C

1. Arus lalu lintas dari Jalan Letjen Suprapto akan dibelokkan ke arah kiri menuju Jalan Kramat Raya.

2. Arus yang masuk ke underpass akan diteruskan pada sisi lajur kanan ke Jalan Gunung Sahari.

3. Selanjutnya arus dari arah Jalan Kramat Raya menuju Tugu Tani diluruskan ke arah Jalan Gunung Sahari, kecuali massa peserta Reuni Akbar 212.

4. Lalu lintas dari Jalan Abdul Rahman Saleh diarahkan belok kiri ke Jalan KKO Usman Harun menuju Simpang 5 Senen.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Arief Rahman Hakim dan Jalan Kembang, pinggir Kali Kwitang, di Tugu Tani akan diarahkan ke Jalan Menteng Raya guna mengurangi arus lalu lintas ke Jalan Ridwan Rais, kecuali peserta Reuni Akbar 212.

6. Arus lalu lintas yang akan menuju ke Jalan Meruya Selatan di traffic light Batu diluruskan ke arah Jalan Meruya Timur. Peserta Reuni 212 disarankan untuk parkir di IRTI, Gedung Galeri Nasional, dan Gedung KKP.

Zona D

1. Arus lalu lintas menuju Jalan Budi Kemuliaan, baik dari Jalan Fachruddin maupun Jalan Abdul Muis akan diluruskan, dari utara ke selatan dan berlaku sebaliknya.

2. Selanjutnya arus lalu lintas dari Jalan Sabang menuju traffic lightPT Garuda yang diarahkan lurus ke arah Meruya Selatan akan dibelokkan ke kanan atau melawan arus menuju halaman Balai Kota DKI sebagai lahan parkir.

3. Selain itu, peserta reuni juga dapat parkir di lajur kiri sepanjang Jalan Meruya Selatan serta satu jalur di Jalan Budi Kemuliaan.

Zona E

1. Pengalihan arus lalin juga dilakukan di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Arus lalin dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju ke Jalan Agus Salim akan dibelokkan ke kiri masuk ke Jalan Kusuma Atmaja maupun ke Jalan Sumenep, kecuali massa Reuni 212.

2. Arus lalin dari traffic light Koramil yang menuju ke Jalan Sultan Syahrir diarahkan untuk dibelokkan ke kiri menuju Jalan Siliwangi dan seterusnya.

3. Khusus massa Reuni 212, dari traffic light Mandarin akan diluruskan ke arah Agus Salim sampai dengan traffic light PT Garuda masuk Jalan Meruya Selatan diarahkan masuk Monas melalui Pintu Monas Barat Daya.

 

VI/RD/RP

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password