Jelang Pemilu 2019, Polri Antisipasi Kerawanan di Wilayah Papua

Tribratanews.polri.go.id -JAKARTA. Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., menuturkan bahwa Provinsi Papua menjadi salah satu daerah rawan dan menjadi fokus untuk diantisipasi dalam perhelatan pesta demokrasi tahun 2019.

“Menjadi atensi kami seperti biasa di Papua karena memiliki sistem noken, daerah pegunungan yang masih ada kelompok bersenjata, menjadi atensi dari Panglima TNI dan saya,” ucap Kapolri usai apel kesiapan TNI membantu Polri dalam pengamanan Natal, Tahun Baru 2019 dan Pemilu 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (30/11).

Sedangkan untuk daerah lain, Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini mengatakan dalam sisa masa kampanye hingga April 2019 mendatang, masih terus menajdi dinamika dan perubahan di daerah sehingga tak dapat ditentukan sekarang.

Dalam mengahadapi dinamika yang berubah, pihaknya terus memperbarui data bersama TNI guna persiapan melakukan pengamana bersama. “”Kami membuat rencana pengamanan bersama Panglima TNI, selain tingkat nasional juga di daerah khususnya dapil yang kontestasinya cukup hangat,” ucap Kapolri.

Sementara itu, Jenderal Bintang Empat itu mengatakan menghangatnya situasi di daerah pemilihan tertentu yang dipengaruhi pertarungan pileg tingakat DPR, melainkan juga di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. Di dapil dinilai lebih rawan karena pertarungan bukan hanya antar partai, melainkan juga satu partai.

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., mengatakan pasukan ketiga matra TNI siap diterjunkan membantu Polri mengamankan pemilu 2019. “Saat ini yang kami kerahkan saat apel 43.000, dari Polri 9.000. (Semuanya) Lebih dari 50.000. Hampir sama itu TNI yang akan dikerahkan untuk pengamanan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019,” tegasnya.

(img/rd/rp)

Berita terkait:

Kapolri Bersama Panglima TNI Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Natal, Tahun Baru dan Pemilu 2019

TNI Dukung Penuh Polri Kawal Agenda Nasional Pada Tahun Politik

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password