Polda Jabar Tetapkan 9 Tersangka Korupsi Dana Hibah Bantuan Sosial Tasikmalaya

tribratanews.polri.go.id – JAWA BARAT. Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Barat (Jabar) menetapkan sembilan tersangka dugaan korupsi kasus dana hibah bantuan sosial Kabupaten Tasikmalaya tahun anggaran 2017.

“Jumlah tersangka aparatur sipil negara (ASN) sebanyak 6 orang dengan kepangkatan berbeda-beda. Sedangkan 3 lainnya wiraswasta,” ujar Kapolda Jabar, Irjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si.

Kesembilan orang tersebut yaitu Sekda Kabupaten Tasikmalaya (AK), pejabat Pemkab Tasikmalaya terdiri Kabag Kesra Setda (MJ), Sekretaris DPKAD (AR), Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya (En) dan dua PNS bagian Kesra Pemkab bernama (ARM) dan (EA), dua warga sipil (LSM) dan (Mu), serta seorang petani (Se).

Baca juga : Brigjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., Resmi Menjabat Wakapolda Jatim

Pengungkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat atas penggunaan dana hibah yang bersumber dari APBD tahun 2017 untuk instansi, organisasi kemasyarakatan dan lembaga keagamaan se-Kabupaten Tasikmalaya. Dalam kegiatan belanja dana hibah tersebut, ada hibah untuk 21 yayasan keagamaan yang diduga diselewengkan oleh beberapa oknum.

Berdasarkan perhitungan dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya nomor : 700/1129/Inspektorat tanggal 28 September 2018 dengan hasil negara mengalami kerugian mencapai Rp 3,9 miliar.

“Anggaran hibahnya Rp3,9 miliar. Dari AK berhasil disita Rp1,4 miliar dengan total Rp1,95 miliar. Selain itu disita kendaraan roda empat, kendaraan roda dan sebidang tanah yang diduga dari hasil kejahatan,” jelas Jenderal Bintang Dua ini.

Atas perbuatannya para tersangka dijerat Pasal 2,3 dan 12 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi Jo Pasal 55 dan 56 KUHPidana dan Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

VI/RD/RP

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password