Polda Maluku Gelar Pelatihan Pra Operasi Antik Siwalima 2018

Tribratanews.polri.go.id – Maluku. Kabag Binlatops Biro Ops Polda Maluku, AKBP Luther Banne memimpin Pelatihan Pra Operasi Antik Siwalima 2018 di Ruppatama Polda Maluku, Rabu (14/11).

 

Dalam arahannya, Kabag Binlatops mengatakan bahwa penyalahgunaan narkoba sudah menjadi kejahatan yang bersifat internasional, regional, nasional, bahkan lokal yang tidak dapat ditanggulangi hanya melalui penegakan hukum saja. Namum juga meliputi aspek sosial ekonomi dan sosial masyarakat, sehingga perlu upaya pencegahan dan penindakan yang bersifat mendidik.

 

Untuk itu diharapkan personel Polda Maluku agar mampu dan terampil dalam melaksanakan Operasi Antik Siwalima 2018. Dalam pelaksanaan Lat Pra Ops ini peserta mendapat pengetahuan dan keterampilan dalam memerikan penjelasan kepada seluruh element masyarakat mengenai dampak penyelahgunaan narkoba dalam lingkungan keluarga.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan materi oleh Kompol Marthin Christian mengenai rencana Operasi Antik Siwalima 2018 terkait Tugas Pokok dan Fungsi Peranannya.

“Polda Maluku beserta jajaran dibantu institusi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya mengedepankan kegiatan penindakan, penegakan hukum, binluh yang didampingi intelejen melalui kegiatan pencegahan, guna mencegah bertambahnya dan masuknya narkoba ke wilayah provinsi maluku serta bagaimana cara bertindak,” ujar Kompol Marthin Christian.

 

Cara bertindak yang dimaksud antara lain : Memberikan arahan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba, surveilans, observasi dan monitoring terhadap tempat-tempat yang dianggap sebagai tempat tindak pidana kejahatan; Melakukan pemeriksaan melalu operator K-9 di TKP/tempat-tempat yang dianggap sebagai tempat terjadinya tindak pidana kejahatan; Melakukan pemeriksaan badan, tas dan barang bawaan milik pengunjung dan Melakukan pengamanan internal terhadap anggota polri yang melaksanakan tugas operasi.

 

Disamping itu, kegiatan ini bertujuan mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polda Maluku dan jajarannya, serta memutus rantai jaringan antar daerah bahkan orang perorang.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password