Pencurian di Kalsel : Tebang Ratusan Kayu Tetangga, Pria Ini Dipolisikan

Tribratanews.polri.go.id-Polda Kalsel, Petugas Polres Balangan dan Polsek Paringin berhasil ungkap tindak pidana Pencurian dengan Pemberatan, Senin (12/11) pagi.

Pengungkapan kasus ini berdasarkan Laporan korban Saidillah (53) warga desa Babulu Darat Rt.10 Kec. Babulu Kab. Penajam Paser Utara Prov. Kalimantan Timur dengan Nomor : LP/27/XI/2018/KALSEL/RES BALANGAN/SEK PARINGIN, tanggal 08 Nov 2018.

Menyikapi laporan warganya, petugas langsung melakukan penyelidikan di lapangan dan didapatkan titik terang bahwa terduga pelaku yaitu FR (30) warga desa Mantimin kecamatan Batumandi.

Terduga pelaku langsung ditangkap tanpa perlawanan di rumahnya di desa Mantimin Kec. Batumandi, selanjutnya pelaku dibawa ke Polsek Paringin guna proses hukum lebih lanjut.

Kapolsek Paringin Iptu Cahyo Budi Widodo membenarkan adanya penangkapan terduga pelaku pencurian tersebut saat dikonfirmasi Humas Polres Balangan, Senin (12/11) siang.

Baca juga : Anggota Brimob Ini Gugur Saat Operasi Kemanusiaan di Palu

 

Dijelaskan Iptu Cahyo, permasalahan berawal dari kabar melalui telepon oleh saksi Hermansyah yang memberitahukan bahwa kayu di hutan milik korban ditebangi orang. kronologis pencurian kayu hutan tersebut pun dibeberkan saksi kepada korban, Rabu (16/05/2018) lalu.

“Saksi menyaksikan langsung aksi penebangan pohon yang dilakukan oleh FR bersama anak buahnya yang tidak diketahui namanya, kemudian (saksi) bertanya kepada FR “siapa yang menyuruh menebang pohon ini?”, Lalu di jawab ” saudar D***L yang menyuruh menebang,” jelas Kapolsek.

Setelah mendengar kabar tersebut pelapor pulang ke kampung halamannya di desa Panggung kec. Paringin selatan, untuk melakukan pengecekan di hutan miliknya.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh pelapor di hutan tersebut ditemukan kurang lebih 102 ( seratus dua) tunggul pohon dengan berbagai macam jenis pohon diantaranya, pohon sintuk, sungkai, halaban, mampat, keminting rantau, tarap undang dan lain – lain sudah di tebangi orang.

Baca juga :  Narkoba di Kalsel : Bukti Kejahatan Narkotika Dimusnahkan Forkopimda Tabalong

Akibat kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian di taksir sekitar Rp. 51.000.000,- (lima puluh satu juta rupiah) dan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Paringin untuk di tindak lanjuti.

“Saat ini kami masih memeriksa terduga pelaku FR, nanti dari hasil riksa apabila mengarah pelaku lainnya, akan dilakukan tindakan penangkapan,” tutup Iptu Cahyo Budi Widodo.

Img/Rd/Rp

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password