Polisi Berhasil Tangkap Inisiator Kartel Narkotika Cair untuk Vape

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Sindikat Narkoba Reborn Cartel, yang bermodus meracik narkoba ke dalam liquid vape untuk konsumer vape elektrik berhasil diungkap dan diamankan oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya.

Sebagai sarana promosi, Kartel narkoba ini menggunakan media sosial dan jasa ojek online sebagai media pengantarannya. Selain itu, kartel ini memiliki clandestine lab (laboratorium peracikan barang ilegal) tersendiri untuk meracik liquid vape dengan narkoba jenis THC, MDMA, dan 5-flouro ADB, serta dua tempat pengemasan sekaligus distribusi.

 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, mengungkapkan, bahwa kegiatan pembuatan vape elektrik yang terdapat narkoba di dalamnya ini sangat rapi, terbukti tetangga sekitar tidak mengetahui kegiatan tersebut.

Setelah dilakukan penyelidikan, diketahui bahwa, semua bahan baku dan alat-alat peracikan berasal dari luar negeri dan dipesan lewat toko online.

 

Sebanyak 18 orang tersangka berhasil diamankan berikut barang buktinya. Dari para tersangka tersebut, 4 orang inisiator kartel narkoba ini ternyata masih merupakan narapidana Badan Narkotika Nasional (BNN) yang mendekam di rumah tahanan Cipinang. Yang termasuk 18 orang tersangka tersebut antara lain, DIL (23), AR (18), KIM (21), AG, TY (28), TM (21), SEP (22 ), VIN (26), BUS (26), DAN (28), HAM (20), BR (21), VIK (20), DW (25), DIK (24 ), AD ( 27), COK (35), dan ER.

 

Para tersangka akan dikenakan pasal 144 ayat 2, pasal 112 ayat 2, juncto pasal 132 ayat 1 UU 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman mati, penjara seumur hidup, atau penjara maksimal 20 tahun.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password