Polda DIY Menerima Kunjungan Tim Study Kelayakan Kemenpan RB dan Asren Kapolri Peningkatan Tipologi Polda DIY Tipe B Menjadi Tipe A

Tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY menerima kunjungan Tim Study Kelayakan Peningkatan Tipilogi Polda DIY dari Tipe B menjadi Tipe A, Selasa (30/10/2018). Rombongan Tim Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB yang diketuai oleh Pembina Utama Rini Widyaantini, SH., M.PM., didampingi oleh Asrena Kapolri Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono, M.Si., ini menganalisis Polda DIY dengan sembilan dimensi dan 48 indikator yang menjadi penilaian.

Asrena Kapolri saat memberikan penjelasan dan arahan kepada anggota Polda DIY menyampaikan dirinya bersama tim akan menganalisis apakah Polda DIY layak untuk dinaikkan tipenya. Hal ini harus diimbangi dengan kinerja, jumlah anggota yang sesuai dengan DSP.

“Perubahan ini harus mampu menghadapi tantangan, ancaman, gangguan yang akan datang. Di era globalisasi tantangan kedepan semakin kompleks, Polda DIY mampu memberikan dan meningkatkan rasa aman dan nyaman serta memberikan yang terbaik kepada masyarakat Yogyakarta,” tuturnya.

Sementara itu Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., dalam paparannya menyampaikan Yogyakarta (DIY) memiliki dinamika yang sangat tinggi dimana penilaian tersebut meliputi 9 dimensi dan 48 indikator yang menjadi penilaian. Dimensi geografi, demografi, sumber daya alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, harkamtibmas, dan kemampuan satuan.

Pertimbangan Polda DIY menjadi tipe A diantaranya heterogenitas masyarakat Yogyakarta ditandai dengan banyaknya masyarakat pendatang dari seluruh penjuru Indonesia. Frekuensi giat masyarakat sangat tinggi, baik berskala nasional dan internasional.

“DIY sebagai miniatur Indonesia, sehingga apabila ada permasalahan DIY akan berdampak pada seluruh wilayah Indonesia.

WhatsApp Image 2018-10-30 at 23.51.16

Jadi perlu adanya peningkatan tipologi Polda DIY dari tipe B menjadi tipe A, dengan harapan operasional lebih optimal sesuai dengan tantangan yang semakin komplek dan sejalan dengan perkembangan di provinsi DIY,” tutur Kapolda DIY saat memberikan paparan kepada Tim penilai yang hadir.

Di kesempatan yang sama, Pembina Utama Rini Widyaantini, SH., M.PM., menyampaikan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mempunyai sasaran reformasi birokrasi melalui revolusi mental meliputi pelayanan publik, akuntabilitas, kelembagaan, sumber daya manusia, manajemen perubahan, sehingga menghasilkan pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Peningkatan Polda DIY diusulkan dengan pertimbangan peningkatan beban kerja, penguatan kapasitas organisasi, peningkatan dukungan sumber daya, dan personil. Polda selaku instansi pelayanan diharapkan mulai meningkatkan kualitas pelayanan yang didukung dengan penerapan sistem pelayanan berbasis elektronik.

Tingkat keberhasilan penerapan ini ke depan akan menjadi salah satu indikator dalam menentukan prestasi dan kinerja Polda yang kemudian dijadikan sebagai bahan penilaian dalam meningkatkan tipe Polda DIY.

“Peningkatan tipe Polda merupakan sebagai reward (penghargaan) atas perbaikan kinerja dan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi tersebut dilanjutkan dengan verifikasi materi administrasi pendukung
dan kunjungan stand pameran inovasi di satuan kerja Polda DIY. (Sj/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password