Polda Riau Meminta KLHK dan Pemkab Rohil untuk Mengatasi Maraknya Kasus Ilegal Logging di Rokan Hilir

Tribratanews.polri.go.id – Rokan HIlir. Dir Reskrimsus Polda Riau Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, S.I.K., S.H., M.Hum. meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mencarikan solusi atas aktivitas ilegal logging yang terjadi di wilayah Rohil, Minggu(14/10/18).

Melihat hal tersebut Pihak kepolisian meminta kepada Pemerintah Kabupaten untuk serius mencari jalan keluar, sebab dalam sepekan ini telah menemukan 70 ton kayu berbagai jenis hasil ilegal logging. Hal tersebut tentunya atas pola hidup masyarakat yang sebagian besar bergantung pada aktivitas galangan kapal yang kayunya diduga berasal dari hutan alam di kawasan pesisir Riau tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Dir Reskrimsus Polda Riau terkait proses penyelidikan dugaan penebangan liar atau Illog di Rohil yang saat ini sedang berlangsung. Persoalan ilegal loging di kabupaten itu selama ini menjadi permasalahan sosial tersendiri. Tapi itu memang jadi permasalahan sosial yang harus dicarikan jalan keluar, karena memang sudah menjadi roda perekonomian masyarakat.

“Kendati demikian, tidak semua galangan kapal tradisional di Rohil yang mengambil sumber kayu dari hutan alam secara ilegal, hanya saja sebagian besar masih memanfaatkan kayu hasil tebangan ilegal sebagai sumber bahan baku pembuatan kapal dan ada juga yang masuk (kayu tebangan Illog) ke tempat lain,” tambah Dir Reskrimsus Polda Riau .

Saat ini jajaran kami masih melakukan pengumpulan alat bukti dan keterangan saksi-saksi, walaupun proses hukum terus berlanjut. Kepada pihak terkait lainnya, KLHK dan Pemda serta jajarannya untuk mencarikan jalan keluar atas permasalahan ini. Ada faktor sosiologis yang jadi pertimbangan yang kita beri masukan kepada lembaga berwenang, KLHK, pemerintah setempat, supaya itu legal dan terlegitimasi,” tutup Dir Reskrimsus Polda Riau.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password