Polri akan Tetapkan Status DPO Bagi Narapidana Kabur Pasca Gempa di Sulteng

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polri akan segera menetapkan status daftar pencarian orang (DPO) alias buron kepada para narapidana atau tahanan kabur yang tak kunjung melaporkan diri ke Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Ditjenpas) pascagempa Palu, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

“Kalau memang dalam jangka waktu tertentu, dari Lapas juga imbau namun tidak terlalu signifikan yang hadir, maka akan kita keluarkan DPO,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (11/10/18).

Karo Penmas Divhumas Polri menyampaikan, berdasarkan laporan yang ia terima hingga Kamis (11/10/18), tercatat ada 1.602 warga binaan pemasyarakatan atau napi yang masih melarikan diri usai peristiwa bencana alam tersebut.

Lapas Kls II A Palu memiliki warga binaaan berjumlah 674 orang, yang berada di dalam 27 oran, sedangkan di luar sebanyak 647 orang.  Sementara di LPKA Klas II Palu jumlah warga binaan sebanyak 29 orang, yang berada di dalam sebanyak satu orang sedangkan di luar 28 orang.

Lalu, di LPP Kls III Palu jumlah warga binaan sebanyak 87 orang semuanya berada di luar. Lalu Rutan Klas IIA Palu jumlah warga binaan sebanyak 465 orang, di dalam 18 orang, sedangkan di luar 447 orang.

Kemudian, di Rutan Klas IIB Donggala, jumlah warga binaan sebanyak 342 orang, yang berada di dalam sebanyak 9 orang, dan di luar 333 orang. Lalu, di Rutan Parigi, jumlah warga binaan sebanyak 177 orang dengan yang berada di dalam sebanyak 177 orang, sedangkan di luar 60 orang.

Beliau juga menyampaikan, sesuai keterangan Lembaga Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng terhadap seluruh warga binaan Lapas, LPKA, Rutan dan cabang rutan tersebut diberikan batas sampai 16 Oktober 2018 agar kembali melapor untuk menjalani sisa masa penahanan.

“Bila tidak melapor maka akan dibuatkan DPO,” tegas Karo Penmas Divhumas Polri.

Pembuatan DPO sendiri menunggu koordinasi dari pihak Ditjenpas. Sebelumnya, Ditjenpas menyatakan status buron bagi para narapidana yang belum kembali ke lembaga permasyarakatan pascagempa di Palu dan sekitarnya masih menunggu pemulihan kondisi lapas. Saat ini kondisi Lapas rutan yang terkena dampak masih dalam kegiatan pemulihan dan rehabilitasi.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password