Pelayanan Kepolisian di Sulawesi Tengah Mulai Dibuka, Seminggu Pasca Bencana

Tribratanews.polri.go.id. – Palu. Pelayanan untuk masyarakat seminggu pasca gempa di Sulawesi Tengah mulai dibuka oleh Polri. Salah satunya adalah pelayanan pembuatan atau perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengatakan, terdapat tiga prioritas Polri pada minggu pertama usai gempa melanda Palu dan sekitarnya. Yakni evakuasi dan identifikasi korban, rekonstruksi bangunan, serta pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
“Minggu pertama apa yang dilakukan kepolisian adalah membantu evakuasi korban meninggal dunia dan luka-luka, kemudian yang kedua adalah recovery beberapa bangunan yang rusak. Ketiga memulihkan kembali keamanan di kota Palu, pasca terjadi bencana memang terjadi kejadian pencurian dan penjarahan yang dilakukan sekelompok masa,” ujar Dedi melalui keterangan tertulis, Senin (8/10).

Selanjutnya pada minggu kedua, Kepolisian akan fokus mengaktifkan kembali layanan kepolisian. Pelayanan tersebut sudah dapat dilakukan di kantor-kantor polisi yang sudah memasuki tahap perbaikan, seperti Kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah yang sebelumnya mengalami kerusakan cukup signifikan.

Hal yang sama juga disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng, Kombes Pol. Imam Setiawan, bahwa sesuai dengan kebijakan pimpinan dalam situasi apapun pelayanan harus tetap berjalan. Meski server masih dalam perbaikan, namun database tersimpan semua di Korlantas Polri sehingga pelayanan tetap bisa dilakukan. Masyarakat yang ingin melaporkan kendaraan yang rusak maupun hilang agar membawa KTP, STNK, atau BPKB ke kantor polisi.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password