Polisi Berhasil Amankan Penyebar Hoaks Gempa Dahsyat di Pulau Jawa

Tribratanews.polri.go.id. – Jawa Timur. Penyebar informasi hoaks tentang akan terjadinya gempa berskala besar di Pulau Jawa, berhasil diamankan Subdit Cyber Crime Polda Jawa Timur. Tersangka menyebarkan berita bohong terkait gempa skala besar tersebut merupakan susulan dari gempa yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah pada 28 September 2018.

Tersangka berinisial UUF menyebarkan hoaks melalui akun Facebook yang bernama “Uril Unique Febrian.” Dia menyebarkan informasi hoaks yang menyatakan, berdasarkan perkiraan BMKG, Pulau Jawa akan diguncang gempa dahsyat. Pada gempa dahsyat tersebut, tulis UUF dalam akunnya, yang akan sangat merasakan akibatnya adalah Jakarta. Di mana menurutnya Jakarta bisa merasakan guncangan hingga 8,9 SR.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si., mengatakan, Kepolisian berhasil memperoleh bukti-bukti yang memang benar pelaku melakukan, membuat, menyebarkan, berita hoaks melalui akun Facebook-nya. Dia menyampaikan akan terjadinya gempa dengan kekuatan skala besar khususnya di pulau Jawa ke depan. Motif tersangka melakukan hal tersebut pun masih didalami oleh pihak Kepolisian.”Ini masih dalam proses. Tadi malam marathon kita periksa, dan kita tim cyber patroli kami akan terus mencari berita-berita hoaks ini yang saat ini marak,” ujar Kapolda Jatim.

Kapolda Jatim mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di Jatim untuk tidak melakukan penyebaran berita-berita hoaks. Karena menurutnya itu sangat meresahkan, dan bahkan bisa memecah-belah masyarakat, terutama yang ada di Jatim.Dir Reskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol. Agus Santoso menjelaskan, tersangka inisial UUF (25), warga Krian, Sidoarjo, Jawa Timur ini, telah melanggar UU No 1 Tahun 1946. Adapun, ancaman hukumannya adalah dua tahun penjara.

Dari catatan Tim Cyber Polda Jatim, setidaknya sudah ada tiga orang yang sedang dalam penyelidikan. Ketiganya juga sama, yakni terkait penyebaran informasi hoaks atau berita bohong, mengenai bencana gempa.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password