Kapolri Pimpin Rapat Polri dan TNI dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2019

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kapolri. Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., menghadiri sekaligus memimpin Rapat Operasi Mantab Brata 2019, di PTIK, Jl Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/18). Kapolri tiba sekitar pukul 07.30 WIB. Beliau nampak disambut oleh Wakapolri, Komjen. Pol. Drs. H. Ari Dono Sukmanto, S.H., M.Si. dan Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Drs. Idham Azis, M.Si.

Kapolri pun langsung memasuki Auditorium PTIK untuk memulai rapat. Rapat sendiri diadakan secara tertutup. Usai acara, Kapolri mengatakan TNI-Polri melaksanakan rapat dalam rangka menyamakan persepsi untuk mensukseskan pengamanan pemilu 2019. Diketahui, dalam waktu dekat akan berlangsung penetapan calon presiden dan wakil presiden dilanjutkan dengan masa kampanye. Dengan kondisi tersebut, TNI-Polri katanya harus siap melakukan pengamanan secara maksimal demi lancarnya pesta demokrasi.

“Kita tahu saat ini sudah memasuki tahapan. Pendaftaran sudah untuk Pilpres, caleg juga sudah, kemudian memasuki tahapan penetapan, kemudian nomor, diundi nomornya. Setelah itu masuk lagi kampanye di 23 September,” ujar Kapolri saat di PTIK, Jl Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/18).

Jenderal Bintang Empat tersebut menuturkan jika TNI-Polri berharap dapat mengamankan pesta demokrasi secara maksimal. Terutama, karena Pileg dan Pilpres berjalan secara serentak, maka ia menilai perlu adanya penyamaan persepsi di semua jajaran. Oleh karena itu, kata dia, Polri dan TNI  merapatkan barisan sebagai dua komponen penting bangsa ini, apalagi keduanya tidak memiliki afiliasi.

“Oleh karena itu Polri dan TNI merapatkan barisan sebagai dua komponen penting bangsa ini apalagi Polri-TNI tidak memiliki hak pilih. Kita berharap bisa maksimal untuk pengamanan sehingga pesta demokrasi ini menjadi pesta bagi rakyat untuk memilih wakil-wakilnya,” tegas Kapolri.

Salah satu yang ditegaskan adalah netralitas TNI-Polri. Lalu, membuat rencana operasi bersama, melakukan sinergi setiap kewilayahan Polda, Kodam, Polres, Polsek dan Korem dengan membuat rencana serta simulasi bersama. Terakhir, berusaha membuat pesta demokrasi menjadi aman, tertib dan nyaman. Dalam kesempatan ini pula, Kapolri mengatakan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P., berhalangan hadir karena sedang bertugas di luar negeri.

“Di sini hadir Kapolda, Pangdam, Danrem, kepala biro operasi polda dan asisten operasi, saya ulangi ada korem dan kodam. Hadir di sini pak Wakasad. Kebetulan pak Panglima sedang di luar negeri tugas beliau. Bapak Kasad juga sedang tugas di Gorontalo,” pungkasnya.

(my/sw/hy)

 

 

Admin Polri55959 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password