Wujudkan Penyidik Kompeten dan Promoter, Polda Kaltim Ikuti Sertifikasi Lemdiklat Polri

Tribratanews.polri.go.id – Balikpapan. Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Irjen Pol. Drs. Sigit Sudarmanto, S.H., M.M., bersama Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, M.M., membuka secara langsung kegiatan sertifikasi. Sebanyak 104 Personil Polda Kalimantan Timur akan mengikuti sertifikasi kompetensi penyidik dan penyidik pembantu Polri. Bertempat di Ballroom Hotel Senyiur Balikpapan, Rabu (5/9/18).

Turut di hadiri dalam kegiatan ini Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Haryanto, M.Si., para pejabat utama polda kaltim, serta 104 peserta penyidik jajaran polda kaltim yang terdiri dari Pamen, Pama, dan Bintara.

Dalam sambutannya Kapolda Kaltim menjelaskan bahwa jabatan penyidik merupakan jabatan yang fungsional dan kewenangannya sudah di atur dalam undang-undang. Kompetensi itu untuk mencetak penyidik bersertifikasi atau memiliki standarisasi.

“Semua yang ikut uji kompetensi itu berasal dari Penyidik jajaran Polda Kaltim. Sesegera mungkin juga akan ditingkatkan hingga di tingkat reserse kewilayahan sehingga ke depan akan muncul penyidik-penyidik yang khusus dan spesial” tuturnya.

“Standarisasi ini menanggapi laporan dan keluhan dari masyarakat yang diterima selama ini oleh kepolisian” tambahnya.

Selain itu, Waka Lemdiklat Polri Irjen Pol. Drs. Sigit Sudarmanto, S.H., M.M., menjelaskan bahwa langkah in sangat banik untuk membentuk para penyidik yang profesional, proporsional, akuntabel dan legitimate sekaluigus memenuhi kebuthan masyarakat yang mengingkan perlindungan dan pelayanan yang baik dari Kepolisian.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan pendalaman materi yang disampaikan oleh pemateri dari Mabes Polri maupun pemateri lainnya. Kegiatan ini dilakukan selama 6 hari.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password