Polri Bantah Serang KKB, Nduga dengan Bom

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Terkait dengan isu penyerangan menggunakan bom saat kontak senjata dengan Kejahatan Kriminal Bersenjata (KBB) di Kabupaten Nduga, Papua. Karo Penmas Brigjen Pol M. Iqbal, S.I.K, M.H membantahnya dengan tegas. Namun Ia membenarkan bahwa saat ini TNI-Polri melengkapi diri dengan senjata karena berhadapan dengan KKB.

Saat ini personel gabungan TNI-Polri sedang melakukan operasi penegakkan hukum dan memperketat penjagaan untuk melindungi masyarakat di Papua, karena tindakan yang dilakukan KKB semakin brutal dengan menembaki siapa saja termasuk warga, anak kecil dan pesawat. Saat ini Polda Papua terus melakukan pemburuan intensif terhadap KKB yang ada di wilayah tersebut.

Kasus terakhir yang terjadi ketika helikopter Polri ditembaki oleh KKB pada Rabu (11/7/2018) pukul 11.17 WIT, saat hendak mengirimkan bahan makanan ke beberapa titik keberadaan personil. Tidak lama kemudian di sekitar lokasi, kontak senjata antara personil BKO Brimob dengan KKB terjadi. Dikarenakan situasi tidak memungkinkan, helikopter pun kembali ke Pos Polisi Nduga.

Pukul 16.00 WIT, helikopter kembali mengirimkan bahan makanan ke beberapa titik keberadaan personil Brimob, namun kontak senjata kembali terjadi sehingga helikopter batal menurunkan bahan makanan. Saat ini, situasi di Kabupaten Nduga terpantau aman dan tidak ada yang mengungsi akibat kontak senjata itu.

Disisi lain, Kabag Penum Kombes Pol Syahardiantono, M. Si, dalam keterangannya memastikan bahwa tidak ada penembakan dari helikopter ke KKB, apalagi sampai melakukan pengeboman. Keberadaan helikopter Polri di Kabupaten Nduga untuk membawa bahan makanan dan evakuasi.

Selain itu, Kabag Penum menuturkan, ada beberapa KKB di Kabupaten Nduga. Salah satunya dipimpin oleh Egianus yang sempat bergabung dengan kelompok lainnya di belakang Sekolah SD Kampung Alguru saat terjadi kontak tembak.

(er/sw/hr)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password