Kaltara Sukses Ukir Rekor Dunia Baru di Pesta Rakyat 2018

Tribratanews.polri.go.id – Dalam pesta rakyat yang di adakan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara (Kaltara) mendapatkan pemecahan rekor baru yakni Konvoi speedboat dan kapal terbanyak serta pembentangan Spanduk sepanjang 1,050 Meter.

Dalam pergelaran yang di adakan pada hari Sabtu (7/7) Pukul 10.00 hingga 12.30 Wita di perairan Tarakan, sukses dan berhasil tercatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai rekor baru di Indonesia maupun Dunia.

Usai menyaksikan, Manejer Senior MURI, Jusuf Ngadri mengakui, Pesta rakyat ini Luar biasa membanggakan,dan luar biasa menggetarkan. Terlihat bagaimana seluruh stage holder bersama masyarakat memberikan apresiasi dan terimakasih kepada polda Kaltara yang baru berdiri tiga bulan, namun mampu mengayomi masyarakat di Kaltara.

Ini juga di dedikasikan menyambut HUT Republik Indonesia ke 73, dan mendukung suksesnya Asian Games ke 18.

“Ini adalah manivestasi kecintaan masyarakat dalam iring-iringan sepanduk yang belum pernah terjadi, oleh karenanya kami catat sebagai rekor baru Dunia. tadi ada dua rekor diberikan yakni konvoi 651 speed dan kapal, kemudian rekor pembentangan sepanduk sepanjang 1 kilometer, serta penghargaan maha karya budaya yang sangat luar biasa. Ini bisa menjadi potensi wisata bahari yang di agendakan setiap tahunnya, sehingga menarik wisatawan,”jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kaltara. Ia menegaskan, rekor ini bukan milik polda dan Pemerintah Provinsi, melainkan milik seluruh masyarakat Kaltara.

”Saya juga menunjukkan ke warga indonesia, pesta ini untuk skala nasional, bahwa warga kaltara sangat cinta kepada Indonesia. Saya sangat terharu juga, karena ada nelayan yang mengorbankan waktunya untuk ikut pesta rakyat ini. Kalau munculnya ide ini berawal dari diskusi dengan wakapolda, Kombes Pol Zainal Arifin Paliwang, untuk keikut sertaan mensukseskan asian games. Lalu muncul ide saya bagaimana jika membuat konvoi speed, dengan membentangkan spanduk, kemudian di tindak lanjuti langsung oleh waka polda. Jujur melihat tadi saya sangat kagum,”ucapnya.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Kaltara, Haji Udin Hianggio menuturkan, bahwa Rekor ini bukan hal yang mudah, ini perjuangan yang luar biasa. Bagaimana dengan keberadaan polda kaltara memberikan respon dan aspirasi masayrakat Kaltara. Kedepannya diharap bagaimana masyarakat ini menjadi informan untuk menegah peredaran narkoba, dan perampokan di perairan kaltara.

“Dengan kerjasama kita insyaallah bisa teratasi, ini juga bisa memberi jaminan kepada investor untuk mereka berinvestasi di kaltara. Ini semoga menjadi penunjang cita-cita seluruh warga kaltara. Kita kedepan akan berfikir bagaimana kegiatan ini berkesinambungan di waktu-waktu tertentu.

Lebih lanjut, Salah satu Pendukung utama, dari PT.Sadewa Gemilang, Haji Taming mengungkapkan, Kegiatan ini sangat terijabah, karena didukung dengan cuaca yang bagus,

”Kami harap ini setiap tahunnya dapat di wujudkan. Dari kami akan tetap menyuport langsung. Tadi kami terkejut juga dan tidak menyangka jika jumlah speed yang sangat banyak di luar perkiraan kami awalnya 350 yang mendaftar namun mendekati hari H peserta mencapai 651 speed,”tuntasnya.

(dnv/sw/hr)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password