Kapolda Kalbar Tausiyah Tarawih di Masjid Ash Shabirin Pontianak

B7E3ECB5-3014-457D-BA87-AF1FE3DCDEEB

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono, memberikan tausiyah tarawih di Masjid Ash Shabirin Pontianak. Dalam tausiyahnya, jenderal bintang dua memaparkan mengapa bulan Ramadan menjadi bulan yang begitu istimewa bagi umat muslim? Karena bulan diturunkannya Al-qur’an. Senin (4/6/2018)

Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia. Mengapa? karena di bulan ini pertama kali kitab suci umat Islam Al-qur’an diturunkan. Seperti yang tertulis dalam Q.S Al-Baqorah 185 bahwa Alloh memuji bulan Ramadan dari bulan-bulan lainnya karena bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannya al-qur’an.

Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa, bulan Ramadan adalah waktu di mana kita mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Maka nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukan di bulan-bulan lainnya.

0F31FD66-C45D-48A2-9C71-F0A46C5955AE“Di bulan Ramadhan ini juga, umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjalankan amalan sholeh lainnya,” tutur Didi Haryono.

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah.Inilah alasan mengapa bulan Ramadan juga disebut sebagai malam seribu bulan. Karena saat seorang muslim melakukan sebuah kebaikan di bulan Ramadan. Ia akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

Bulan pengampunan dosa dan dikabulkannya doa-doa, dalam sebuah hadist riwayat Bukhari dijelaskan, bahwa setiap muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Bahkan dengan ibadah yang sempurna pada bulan puasa akan menjadikan kita kembali bagaikan seorang bayi yang baru lahir. Di bulan Ramadan juga, Alloh berfirman, bahwa setiap doa yang dipanjatkan maka pasti akan dikabulkan.

Terdapat malam Lailatur Qadar, malam ini merupakan malam yang didambakan oleh setiap umat muslim saat bulan ramadhan. malam yang terdapat di salah satu dari 10 hari terakhir bulan ramadhan ini merupakan malam yang paling baik diisi oleh doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun di malam Lailatul Qadar.

2EE52582-1D5D-4991-9EDB-341C749E40A1Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH dalam kesempatan itu juga menyampaikan, bahwa kondisi stabilitas Kamtibmas Kalimantan Barat.

“Secara umum, Alhamdulilah kondusif, selain ini adalah berkah dari bulan Ramadan juga berkat kerja keras kita bersama untuk menjaga situasi kondusifitas tersebut,” ucap Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Mulai dari tingkat RT/RW dusun, desa/kelurahan hingga tingkat kecamatan sampai tingkat daerah, yang aktif dalam kegiatan-kegiatan kepolisian dan juga penerapan sistem pengamanan di lingkungan kita masing-masing.

“Kita ketahui Kalimantan Barat dan juga Kota Pontianak yang terdiri dari multi etnis dengan keberagaman budaya. Hal ini menjadi ciri khas kekayaan yang kita cintai bersama, hal tersebut menjadi pengikat kebhinekaan kita untuk newujudkan rasa kekeluargaan, kebersamaan, gotong royong, serta bertoleransi dan bersolidaritas dalam membangun kalbar untuk semakin maju,” kata Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

C6875A8C-6CDD-4686-8312-58D592297912Saat ini, kita sedang menghadapi agenda Nasional. Pilkada serentak 2018, Asian Games dan akan menghadapi hari Raya Idul Fitri, dalam upaya cipta kondisi untuk menjaga stabilitas Kamtibmas yang sudah sangat kondusif. “Mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk selalu perduli dan peka terhadap lingkungan tempat tinggal kita, tempat pekerjaan kita, tempat-tempat lain yang menjadi daerah kebersamaan kita,” tutur Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menekankan, situasi yang aman bukan hanya karena ada yang menjaga dan mengawasi. Namun juga terwujud karena adanya keterpaduan sebuah sistem dan manajemen beserta komponen pendukungnya.

Implikasi perkembangan situasi tersebut apabila tidak diantisipasi dan dikelola dengan baik dapat berpotensi menimbulkan kerawanan dan kecenderungan meningkatnya ancaman terhadap keamanan. Baik dalam bentuk kejahatan konvensional, transnasional, kejahatan terhadap kekayaan negara maupun peristiwa berimplikasi kontinjensi, yang pada gilirannya dapat terganggunya stabiltas Kamtibmas.

AE385A99-231D-4681-A0C4-035531871256“Stabilitas Kamtibmas sangat bekorelasi terhadap pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekonomi yang baik akan membuat kondisi politik dan keamanan pasti stabil. Sebaliknya apabila gejolak perubahan yang terjadi dan dinamika kamtibmas yang tidak kondusif pasti akan berpengaruh terhadap inflansi ekonomi dan menjadikan harga-harga tidak terkendali,” kata Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Dalam menciptakan situasi kamtibmas harus dimulai dari lingkup terkecil dengan teknis sebagai berikut;

1. Digiatkan kembali pola pengamanan sispam swakarsa, siskamling mulai dari tingkat RT/RW desa dan kelurahan sampai kecamatan yang dimotori oleh 3 pilar bhabinkamtibmas, babinsa, dan kepala desa.

2. Manfaatkan tiga pilar tersebut sebagai problem solver yang memberikan solusi ditingkat bawah, (jangan biarkan permasalahan kecil menjadi besar dan berlarut).

3. Aktifkan kembali sistem informasi keamanan dari masyarakat dan polisi, baik konvensional dan juga menggunakan media elektronik, untuk membangun komunikasi aktif melalui sharing informasi dalam menjaga persatuan dan kesatuan sebagai upaya cegah tangkal setiap gangguan kamtibmas dan aksi-aksi kejahatan terhadap kemanusiaan yang akan terjadi.

4. Giatkan kembali sistem wajib lapor bagi warga baru dilingkungannya, sikap perduli lingkungan ini harus dipahami dengan baik contohnya; bila ada hal-hal asing dan aneh segera laporkan kepada petugas keamanan terdekat.

7CF8DEAD-C0C0-4CEB-AFA0-8B5A489C5777“Untuk itu, kita semua yang hadir di sini, para orang tua, para guru, para kiyai, para alim ulama, para tokoh masyarakat dan jemaah sekalian, serta umat muslim yang taat dan taqwa kepada Alloh SWT. Mari sama-sama kita menjadi benteng bangsa dan umat, sekaligus kekuatan terbesar dalam menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif,” ujar Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Selanjutnya, dalam menyambut pesta demokrasi, Pilkada Serentak 2018, kami mengajak kita semua untuk tetap menjaga situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif. Tetap beraktifitas dengan normal. Karena semua pihak yang melaksanakan pilkada telah berkomitmen untuk sama-sama menggelar pilkada yang aman, tertib, damai, serta bermartabat.

“Begitupun kami, Polda Kalbar dan jajaran beserta TNI dan seluruh komponen warga Kalbar telah berkomitmen untuk mengawal, menjaga, mengamankan, serta mensukseskan pilkada secara profesional dan menjunjung tinggi netralitas.
jemaah shalat tarawih yang dirahmati Alloh,” ujar Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Penulis: Cucu Safiyudin
Editor. : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password