Kapolres Klungkung Bersama Istri Mengikuti Trasdisi Pindapatta Dalam Peringatan Waisak 2018

Tribratanews.polri.go.id – Kapolres Klungkung AKBP. Bambang Tertianto, SiK. CFE. dan istri Ny Dewi Bambang Tertianto, mengikuti tradisi Pindapatta sebagai rangkaian peringatan hari Trisuci Waisak 2018 yang di selenggarakan oleh umat Budha Klungkung di Vihara Dharma Ratna Klungkung, Selasa, 29 mei 2018, sekitar pukul 10.00 Wita.

Dalam tradisi Pindapatta ini, Para Biksu berjalan kaki dengan kepala tertunduk membawa Patta / Patra ( mangkok makanan ) menerima / memperoleh dana dari umat guna menunjang kehidupannya.

Kapolres Klungkung bersama dengan Istri dan umat lainnya ikut berdana kepada para Biksu dalam bentuk makanan, minuman dan sejumlah uang dalam amplop untuk keperluan sehari-hari.

“Melalui tradisi Pindapatta ini, umat berkesempatan untuk memberikan dana kepada para Biksu, karena keperluan sehari-hari para Biksu seperti makanan dan minuman semuanya bersumber dari dana yang diberikan oleh umat’ jelas Kapolres Klungkung.

Pemberian dana, makanan kepada para Bhikkhu/Bhikkhuni ini tidak sama dengan pemberian sedekah atau berdana kepada seorang pengemis, peminta-minta, dan sebagainya.

Dalam Pindapatta ini seorang Bhikkhu/Bhikkhuni tidak boleh mengucapkan kata-kata meminta, tetapi umatlah yang secara sadar dan ikhlas, serta semangat bakti memberikan/ mendanakan makanan demi membantu kelangsungan kehidupan suci para anggota Sangha dan membantu kelangsungan serta melestarikan Buddha Dhamma itu sendiri.

Bagi para Bhikkhu/ Bhikkhuni sendiri, pindapatta ini merupakan cara untuk melatih diri hidup sederhana/ prihatin, belajar menghargai pemberian orang lain, dan melatih Sati (perhatian/kesadaran murni), serta merenungkan bahwa fungsi utama makanan adalah untuk memenuhi kebutuhan badan jasmani agar tidak cepat sakit dan lapuk, bukan untuk kesenangan dan mencari kenikmatan.

Sedangkan bagi umat Buddha, pindapatta ini merupakan ladang yang subur untuk menanam jasa kebajikan sebab berdana kepada Mereka yang menjalani kehidupan suci merupakan suatu berkah yang utama.

Selain tradisi Pindapatta, dalam memperingati Hari Trisuci Waisak 2562 ini juga dilaksanakan kegiatan pelepasan burung yang dipimpin oleh Bante Ciradhamo yang didampingi Romo Candra, Romo Wilmana dan Ramani Padminiwatiserta umat. Setelah itu dilaksanakan upacara Puja Bakti dan Detik-detik Hari Trisuci waisak akan dilaksanakan pada pukul 22.19 wita.

Guna mengamankan jalannya seluruh rangkaian peringatan Hari Trisuci Waisak 2018 ini Polres Klungkung mengerahkan puluhan Personilnya dibantu Polsek jajaran, agar umat dapat melaksanakan ibadahnya dengan aman dan nyaman

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password