Aliansi Masyarakat Anti Anarkisme (AMAN) Yogyakarta Dukung Usut Tuntas Kerusuhan di Simpang Tiga UIN Yogyakarta

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, pasca terjadinya demonstrasi memperingati hari buruh yang berujung rusuh di Simpang Tiga Universitas Islam Negeri Yogyakarta, Selasa (1/5/2018) mengundang keprihatinan berbagai pihak. Salah satunya Aliansi Masyarakat Anti Anarkisme (AMAN) menyatakan prihatin dan mendukung penuh tindakan Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengusut tuntas siapa dalang atau aktor dibalik aksi kerusuhan dan pelaku kekerasan di simpang UIN tersebut.

Demonstrasi massa di Yogyakarta selama ini selalu mengedepankan sikap perilaku anti kekerasan serta kental nilai budaya. Pun peristiwa yang terjadi 20 tahun silam yakni rentetan demonstrasi reformasi yang berujung pada peristiwa Mei 1998 tatkala kota-kota lain hancur diwarnai aksi penjarahan pembakaran dan perkosaan aktivis gerakan dan masyarakat. Yogyakarta tetap bisa menjaga kotanya tetap aman dan damai Pikiran kritis untuk terus aktif bergerak dalam koridor tanpa kekerasan telah menjaga kesadaran kolektif yang terbangun di Yogyakarta.

Akan tetapi aksi demonstrasi segerombolan pengecut liar (GALI) yang memaksa terjadinya kerusuhan dan memunculkan provokasi aksi vandalisme berisikan ancaman pembunuhan terhadap pribadi Sultan yang terjadi menunggangi momentum May Day kemarin telah membuyarkan realitas kedamaian sosial yang telah dibangun.

Dalam hal ini AMAN meminta kepada semua anasir GALI untuk menghentikan aksi-aksi sepihaknya. Segera insyaf dan bertobat menjadi warga masyarakat yang santun dan berbudaya dari pada mengusik ketenangan masyarakat DIY yang selama ini aman terjaga. Salurkan energi kritismu melalui mekanisme yang dijamin oleh hukum dan atau peraturan perundang-undangan. Jika tidak mau silahkan meninggalkan bumi Yogyakarta untuk selama-lamanya.

penulis : Jay
editor : R Dwi Chandra
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password