Kapolda Sulbar Himbau Masyarakat Jauhi Miras Oplosan

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Menyikapi peredaran minuman keras (Miras) oplosan yang tengah memakan banyak korban, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Dhafar, M.Si menghimbau seluruh masyarakat sulbar agar menjauhi miras demi keselamatan dan keamanan bersama.

Kapolda Sulbar juga mengatakan “Alhamdulillah baru-baru ini kepolisian telah berhasil mengungkap pelaku utama yang memproduksi langsung miras oplosan yang sempat menewaskan sedikitnya 52 korban setelah meneguk miras campuran tersebut”.

Untuk itu, kami menghimbau dan mengharapkan agar seluruh masyarakat sulbar jangan sekali-kali mengkomsumsi minuman keras apalagi yang di oplos (dicampur-campur), jika perlu masyarakat turut berperan serta dalam memberantas peredaran minuman haram tersebut, Imbuh Kapolda.

Lanjut dikatakan, dalam agama islam banyak ayat yang menyebutkan dan menegaskan larangan tentang minuman beralkohol salah satunya dalam QS. Al-Maidah [5]:90  yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum keras) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.
Penggalan ayat tersebut, tentunya harus menjadi acuan kita sekalian untuk meninggalkan perilaku-perilaku yang tercela utamanya minuman khamar dan mendekatkan diri kepada kebaikan demi menjaga kamtibmas yang tetap kondusif di wilayah kita ini, Harap Kapolda.
Disamping itu, Pemerintah juga sepakat melarang penggunaan miras jika berdampak pada pengrusakan, perkelahian apalagi harus merenggam nyawa seseorang karena di oplos. dalam KUHP ada beberapa pasal yang menerangkan tentang penggunaan miras meski hukumannya masih kecil.
Namun untuk peredaran miras oplosan yang telah banyak menghilangkan nyawa, POLRI saat ini telah melakukan penkajian terhadap hukuman apa yang pantas untuk para pelaku pengedar miras oplosan.
Melalui kabid humas AKBP Hj. Mashura, SH, kapolda sulbar menaruh harapan besar, agar masyarakat sulbar tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta berandil dalam memberantas peredaran miras demi menjaga keselamatan bersama sebelum jatuh korban di wilayah kita.
Penulis : Humas Polda Sulbar
Editor   : Alfian
Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password