Operasi Patuh 2018 Segera Dimulai, Ini Pelanggaran Yang Menyebabkan Anda Bisa Ditilang

20180420095124_IMG_6946

Tribratanews.polri.go.id – Polres Indragiri Hilir

Kepolisian Resort Indragiri Hilir bersama dengan Satuan Kewilayahan Kepolisian di seluruh Indonesia, akan menggelar Operasi Patuh 2018. Operasi yang di Wilayah Polda Riau, bersandikan Operasi Patuh Muara Takus 2018, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 April 2018 sampai dengan 9 Mei 2018. Hal tersebut disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Indragiri Hilir AKP Aninditha Rizal, S.H., S.I.K., dalam Rapat Koordinasi Ekternal, yang dipimpin oleh Wakapolres Indragiri Hilir KOMPOL Ari Kartika Bhakti, S.I.K., di Ruang Tri Brata Polres Indragiri  Hilir, Jumat, 20/4/2018. Rapat ini juga dihadiri oleh PJU Polres Indragiri Hilir, perwakilan instansi dan stake holder terkait antara lain dari Kodim 0314/Inhil, Sub Den Pom I/3-2 Tembilahan, Dishub, Disdik, Dinkes, Dis PUPR, Sat Pol PP dan Jasa Raharja.

Lebih jauh Kasat Lantas menginformasikan bahwa Operasi Patuh Muara Takus 2018, diawali dengan Apel Gelar Pasukan pada tanggal 26 April 2018. Dalam operasi ini, porsi penindakan adalah sebanyak 70 %, sedangkan 30 % lagi untuk kegiatan preemtif dan preventif. Setiap pelanggaran yang ditemukan, akan dilakukan penindakan dengan tilang.

Target dari Operasi Patuh Muara Takus 2018 adalah  Orang,  Benda, Lokasi dan Kegiatan, dengan prioritas penindakan adalah helm, berboncengan lebih dari satu, melawan arus, mengemudikan kendaraan dalam kondisi mabuk, safety belt, dan pengemudi anak di bawah umur. Khusus dalam pemakaian helm, pada operasi tahun ini, pengendara dan penumpang sepeda motor, diwajibkan memakai helm. Untuk itu, Sat Lantas akan memasang spanduk himbauan, dibeberapa tempat strategis di Kabupaten Indragiri Hilir.

Terkait dengan seringnya ditemukan adanya pengendara di bawah umur, Kasat meminta kepada Disdik, untuk menyurati Kepala Sekolah yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, mencegah anak – anak di bawah umur memakai kendaraan bermotor, karena selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan pemakai jalan lain.

Sebelumnya, di kesempatan yang sama, Wakapolres mengajak instansi terkait untuk menyampaikan kepada personel dan pegawai yang ada di dinas masing – masing, tentang pelaksanaan Operasi Patuh Muara Takus 2018 ini. Wakapolres juga menghimbau stake holder terkait, untuk  dapat menyukseskan jalannya operasi ini, dengan terlebih dahulu melengkapi kendaraan bermotornya, dengan kelengkapan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penulis : Heriman Putra

Editor   : Raden Dwi Chandra Narisa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password