Seorang Ibu dan Anak di Makassar Diamankan Polisi, Ratusan Butir Obat Daftar G Siap Edar Disita

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Satuan Narkoba Polrestabes Makassar meringkus seorang ibu bersama anaknya diduga menyalahgunakan obat–obat terlarang jenis Tramadol kapsul, PCC dan Volux. Keduanya yakni perempuan HN (59), lelaki AB (22) ditangkap pada hari Rabu (18/04/18) pukul 00.30 wita.

Wakasat Narkoba Polrestabes Makassar Kompol Aisyah menjelaskan keduanya di amankan dirumahnya Jalan Nuri Makassar.

“Tersangka berhasil ditangkap saat berada di rumahnya. Dari dalam rumahnya petugas menemukan tiga jenis obat terlarang sebanyak 800 butir”, ujar Kompol Aisyah.

Lanjutnya, saat dilakukan penangkapan lelaki AB sempat melarikan diri sambil membawa sebuah tas yang berisi obat dan dilempar ke atap rumah tetangga melalui jendela.

Saat diinterogasi oleh petugas kedua tersangka mengakui barang bukti ratusan butir obat terlarang adalah miliknya, selain dikonsumsi obat tersebut juga dijual persaset dengan isi 10 butir seharga RP. 7000 dan RP. 15.000.

Saat ini kedua tersangka telah di amankan diruang tahanan satuan narkoba Polretabes Makassar guna penyidikan lebih lanjut. (Humas Polrestabes Makassar)

Tramadol dan obat daftar G lainnya mempunyai pengaruh reaksi kimia di otak dan sistem saraf yang pada akhirnya mengurangi sensasi rasa sakit. Mengkonsumsi obat daftar G tanpa resep dokter memiliki efek yang buruk bagi tubuh sehingga mengakibatkan penggunanya mengalami kelumpuhan saraf.

Tramadol sendiri tersedia dalam berbagai merek dan dapat digunakan dalam bentuk tablet, kapsul, serta obat larut. Jenis obat ini juga ada yang bereaksi cepat dan lambat. Penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter.

Pengedar obat keras jenis G tanpa izin akan dijerat Pasal 197 dan Pasal 196 UU RI No. 36/2009 tentang Kesehatan.

Yang menjadi sebab maraknya peredaran obat daftar G ini juga karena harganya yang cukup terjangkau dibanding narkotika lainnya, ini sesuai dengan generasi muda yang hanya memiliki duit pas-pasan.

Dengan mengkonsumi obat-obatan sejenis koplo atau daftar G ini banyak perilaku anak muda menjadi kurang baik, hingga berujung melakukan perilaku kriminal.

Untuk menyelesaikan permasalahan ini dibutuhkan peran serta masyarakat juga harus memperhatiakan masalah obat-obatan jenis daftar G ini terlebih narkoba golongan 1 dengan sangat serius, sebab ini menjadi tanggungjawab bersama memeranginya yang tidak hanya dibebankan kepada pihak berwajib saja.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password