Mabuk, Sekelompok Pemuda Merusak Rumah di Mauwa Dogiyai

tribratanews.polri.go.id – POLDA PAPUA. Sekelomok pemuda Kampung Mauwa yang dipengaruhi minuman keras (miras) melakukan pengrusakan yang mengakibatkan rusaknya beberapa rumah milik warga Kampung Mauwa karena lemparan batu, pada Jumat (06/04/2018) lalu.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM. Kamal saat dikonfirmasi melalui telepon seluler membenarkan adanya pengrusakan rumah warga yang dilakukan oleh sekelompok warga di kampung Mauwa, Selasa 10/04/2018.

“Sekelompok pemuda yang dipengaruhi minuman keras melakukan pelemparan terhadap beberapa rumah warga di kampung Mauwa, yang mengakibatkan beberapa rusak,” terang Kombes Pol. AM. Kamal.

Selain merusak rumah warga, lanjut Kabid Humas, sekelompok pemuda yang diperkirakan berjumlah 30 orang tersebut juga melakukan aksi  pelemparan kepada petugas Kepolisian yang datang untuk menenangkan mereka. Petugas polisi yang datang dihadang dengan menggunakan parang dan panah.

“Untuk menjaga agar sekelompok pemuda ini tidak beringas, aparat Kepolisian memberikan tembakan peringatan dengan menggunakan peluru karet ke atas dan menggunakan gas air mata untuk membubarkan mereka. Namun tembakan peringatan tersebut tidak dihiraukan oleh mereka, bahkan sekelompok pemuda tersebut melakukan perlawanan dengan melempari petugas TNI dan Polri secara brutal,” ungkap Kabid Humas.

Lebih lanjut Kombes Pol Kamal menjelaskan, salah seorang pemuda yang terkena peluru karet akibat tidak mengindahkan perintah petugas sudah diberikan perawatan medis.

“Korban yang bernama Rudi Awae saat akan dibawa ke RS Nabire tidak bersedia dan melarikan diri, akhirnya korban oleh keluarganya diminta untuk dirawat di Puskesmas saja,” terang Kabid Humas.

Terkait adanya pemberitaan tentang penyiksaan terhadap sekelompok pemuda oleh aparat TNI dan Polri, Kabid Humas menengaskan itu tidak benar.

“Tidak ada penyiksaan dan tidak ada keterpaksaan oleh aparat untuk mengeluarkan tembakan, semua sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku,” tegas Kabid Humas.

Sementara itu, Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa dalam pertemuannya dengan masyarakat memberikan peringatan untuk tidak melakukan pemalangan, mengkonsumsi minuman keras dan melakukan pemalakan kepada pemilik kios di pasar. Apabila masih ditemukan hal ini, Bupati meminta kepada aparat keamanan untuk melakukan tindakan tegas.

Kabid Humas juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

“Mari bersama-sama kita menjaga situasi kamtibmas yang aman dan tentram. Yang terpenting lagi, jangan terprovokasi dengan berita yang belum pasti kebenarannya,” imbuh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM. Kamal.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password