Polda DIY Ringkus Sindikat Pencurian Ganjal Kartu ATM

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) serta Polres jajaran Polda D.I Yogyakarta berhasil menggulung sindikat pencurian uang dengan modus mengganjal mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang beraksi sejak Desember 2017 – Februari 2018. Paparan tersebut disampaikan pada Konferensi Pers di lobby  Polda DIY, Selasa (20/3/2018). Turut pula hadir dari  pihak Bank BNI Yogyakarta.

Pelaku yang berjumlah 17 orang ditangkap dengan barang bukti berupa 1 unit telepon seluler, 1 patahan gergaji besi, 1 pisau cutter, 3 kotak tusuk gigi, sejumlah kartu ATM kadaluarsa dari bermacam-macam bank, 2 baju petugas Bank BRI, dan kartu tanda pengenal Bank BCA, BRI, dan MANDIRI. Adapun dasar tindakan penangkapan beranjak dari banyaknya laporan kerugian para korban.

Dirreskrimum Polda DIY, Kombes Hadi Utomo menyampaikan modus operandi yang dijalankan pelaku yakni menunggu calon korban yang berniat untuk mengambil uang atau melakukan transaksi pada mesin ATM yang sudah dipasang tusuk gigi pada slot kartu. Tujuannya adalah mengganjal kartu ATM milik korban, sehingga korban kesulitan untuk mengeluarkannya. Salah seorang pelaku lalu berpura-pura menawarkan bantuan, namun sebelumnya pelaku meminta korban untuk memasukan PIN kembali ke mesin ATM.

“Ketika korban lengah, kartu ATM miliknya diganti dengan kartu lain yang telah disiapkan oleh pelaku. Setelah itu, para pelaku pun mengambil uang korban di mesin ATM yang berbeda.” ujarnya saat konferensi Pers.

Lanjut kombes Pol Hadi Utomo menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat untuk tidak lengah dan selalu waspada ketika sedang melakukan proses transaksi keuangan. Sedangkan untuk pihak bank, Kombes berpesan supaya meningkatkan sistem keamanan bertransaksi pada setiap mesin-mesin ATM yang mereka sediakan.

penulis : jay
editor : Alfian
publish : jay.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password