Dr. Abdul Wahid, Islam Adalah Agama Anti HOAX

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Dr. Abdul Wahid Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar dalam khutbahnya mengajak seluruh jamaah agar waspada terhadap bahaya hoax atau berita bohong di Masjid Baiturrahman Sungguminasa Gowa, Jumat (16/3).

Saat khutbah Ustd. Dr. Abdul Wahid mengangkat topik “Waspada Terhadap Bahaya Hoax”.

Dosen UIN Makassar ini menyampaikan bahwa Islam yang ajarannya mengusung aturan yg lengkap dan universal jauh sebelumnya telah mengajarkan umatnya agar waspada terhadap berita yang belum tentu benar (hoax), sebagaimana disebutkan dalam alqur’an:

“Wahai orang yang beriman, apabila ada orang fasiq yang datang membawa berita kepadamu, maka tabayyun (krosceklah) berita tersebut  karena bisa jadi berita itu berasal dari orang yang bodoh” (QS.al Hujurat : 6).

Dari ayat ini semakin jelas menunjukkan bahwa Islam adalah anti hoax, karenanya memberikan tuntunan kepada umatnya agar tidak menjadi korban dan pelaku dari berita hoax.

Islam mengajarkan kepada umatnya sikap hati-hati dalam segala hal sebagaimana disebutkan dalam hadis.

”Sikap berhati-hati itu dari Allah dan sikap tergesa-gesa itu dari syaitan” (HR. Baihaqi dari Anas Bin Malik ra).

Islam menyerukan agar kita senantiasa bersikap hati-hati dan waspada dalam segala urusan, melakukan pengamatan yang seksama dan pertimbangan yang tepat sebelum memutuskan berbagai perkara penting dalam kehidupan kita, dan melakukan perencanaan yang matang sebelum melaksanakan apa yang menjadi keinginan dan tekad kita.

Jangan sampai kita mengambil keputusan yang tergesa-gesa sehingga hasilnya kurang maksimal dan bahkan menimbulkan dampak buruk yang sangat fatal khususnya di tahun politik ini.

Penulis : Sumarwan
Editor : Alfian
Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password