Sertijab Empat Kapolres dan Pelantikan Ka SPN Serta Pengukuhan Kabid Binkum dan Kabid Propam Polda Maluku Utara

sertijab1

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Achmat Juri, M.Hum pagi tadi jumat 19/02/18, memimpin secara langsung serah terima jabatan empat Kapolres dan pelantikan Ka SPN Maluku Utara serta pengukuhan kabid Propam dan Kabid Binkum Polda Maluku Utara di gedung Jananuraga Polda Maluku Utara dan di hadiri oleh Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol Drs. Lukas Arri D. Utomo, Pejabt Utama Polda Maluku Utara, Ketua Bhayangkari Daerah Maluku Utara dan Para Perwira Polda Maluku Utara.

Dalam Sambutannya Kapolda Maluku Utara Menyampaikan bahwa mutase jabatan merupakan asil dari petimbangan dan kebijakan pimpinan Polri sebagai bagian dari system pembinaan karier dan regenerasi struktural di tubuh Polri.

Serah terima empat Kapolres ini yakni, AKBP Kamal Bahtiar SIK Kapolres Ternate jabatn baru Wadir Binmas Polda jatim, AKBP Azhari Juandi SIK Kapolres Tidore Jabatn Baru Kapolres Ternate, AKBP Andri Hariyanto SIK Kasubbdit 4 Dit Intelkam Polda Malut jabatan baru Kapolres Halteng, AKBP Doli Hariyadi SIK, M.Si kasubdit Gakum Dit Polair Polda Malut Jabatn baru Kapolres Tidore, AKBP Andri Iskandar SIK Jabatan baru Kabag Binkar Biro SDM Polda Malut, AKBP Mikael P. Sitanggang SIK. MH. Kasubdit 3 Dir Reskrimumum Polda Malut jabatan baru Kapolres Morotai.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pelantikan Ka SPN Malut yang pertama yang dijabat oleh AKBP Yulianto Rombe Biantong SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Halmahera yang nantinya akan bertugas untuk menyelenggarakan pembentukan Brigadir dan Pendidikan serta Pelatihan lainnya. Serta pengukuhan AKBP Tubagus Isfahani Shiddiq S.H, yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Binmas Polda Maluku Utara dan dikukuhkan sebagai Kabid Binkum Polda Maluku Utara sebagai fungsi pembinaan Hukum dan Hak Asasi Manusia, sedangkan AKBP Susanto SIk yang sebulumnya menjabat sebagai Kasubbid 2 Dit Intelkam Polda Malut dikukuhkan menjadi Kabid Propam Polda Maluku Utara melaksanakan tugas pengamanan internal, penegakan disiplin, ketertiban dan pertanggung jawaban profesi Polda Maluku Utara.

Kapolda juga mengharapka kepada kabid Propam dalam situasi pengamanan Pilkada saat ini fungsi Propam dapat berperan dalam menjaga netralitas Anggota Polri Polda Maluku Utara.

Perlu kita ketahui bersam pada tahun anggarn 2018 ini, Polda maluku Utara akan melaksanakan rekrutmen terpadu Akpol, Bintara dan Tamtama, diman sejumlah 250 calon Bintara Polri yang lulus terpilih akan didik di SPN Maluku Utara.

Jenderal Bintang satu di Polda Maluku Utara ini meminta kepada Ks SPN dengan perangkatnya agar segera mempersiapkan kurikulum pendidikan dan kurikulum pelatihan yang memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, daftar mata pelajaran dan beban belajar, serta silabus yang akan digunakan untuk pendidikan pembentukan calon Bintara Polri Polda Maluku Utara.

Kapolda kembali mengingatkan bahwa dalam pengamanan operasi mantap praja tingkat sinergitas dangan TNI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda serta seluruh unsur lapisan masyarakat untuk bersama-sama memerangi berita Hoax, Hate Speech, Money Politik dalam rangka menjaga kondusifitas Provinsi Maluku Utara yang aman, damai, tertib dan harmonis.

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Achmat Juri, M.Hum juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada AKBP Kamal Bahtiar SIK dan Andri Iskandar SIK atas dedikasi dan jeri payah dalam mencurahkan segala pikiran dan tenaga dalam kemajuan kesatuan ini. Dan untuk Ibu Kamal dan Ibu Andri Kapolda juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya karena telah mendampingi suami dalm membina Bhayangkari.

Lanjut Kapolda, untuk pejabat yang baru Yulianto Rombe Biantong SH, Kapolres Ternate AKBP Azhari Juandi SIK, Kapolres Tidore AKBP Doli Heriyadi SIK, M.Si, Kapolres Halteng AKBP Andri Hariyanto SIK,  Kapolres Morotai. AKBP Mikael P. Sitanggang SIK. MH. Atas nama pimpinan Polri dan kita semua menaruh harapan bahwa saudara akan mampu memimpin kesatuan dengan lebih baik karena dengan berbekal kemampuan yang telah saudara miliki sebelumnya.

Kepada Ibu Liberty Rombe agar selalu mendampingi suami dalam hal melaksanakan tugas sebagai Ka SPN Polda Maluku Utara di Sofifi dan kepada Ibu Nani Azhari Juanda, Ibu Ratu Doly Heriyadi, Ibu Nuhrul Andri Hariyanto dan Ibu Deborah Mikael Sitanggang yang nantinya akan menjadi ketua Cabang Bhayangkari dalam rangka menunjang dan mendukung pelaksanaan tugas-tugas suami sebagai Kapolres.

Sebelum mengakhiri sambtannya ada tiga penekanan Kapolda kepada Pejabat yang baru yakni, segera kenali kondisi lingkungan wilayah hukum maupun sumber daya Polres sebagai acuan awal untuk melakukan langkah-langkah pembinaan Kamtibmas diwilayah Hukum masing-masing.

Meningkatkan sinergitas antara fungsi demikin juga sinergitas dengan Forkopimda, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan stake Holder lainnya untuk mendukung pelaksanaan tugas Polri kedepan.

Melakukan pembinaan sumber daya yang ada baik personel, sarana prasarana, dan anggaran dengan baik, demikian halnya dengan penggelaran operasional personel sesuai dengan bidang tugasnya untuk memberikan Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum.

Penulis             : Wanto Tftt

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala

 

 

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password