Kelompok SBH Meretas IT lembaga Negara di Dalam dan luar Negeri

tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Penyidik dari Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil menangkap pelaku peretas atau hacker pembobol 600 situs web dalam dan luar negeri. Selain meretas IT lembaga negara baik di dalam dan luar negeri, pelaku juga meretas website pribadi.

“Lembaga negara ada. Di luar negeri juga ada. Tapi tidak bisa kami sebutkan ya. Dari perusahaan kecil sampai besar, juga jadi ada,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.

Pelaku termasuk kedalam kelompok peretas Surabaya Black Hat (SBH). Berdasarkan keterangan tersangka berinisial KPS yang merupakan pendiri SBH, mereka telah melakukan peretasan terhadap kurang lebih 600 situs web di dalam dan luar Indonesia.

Selain itu, Surabaya Black Hat (SBH) memiliki anggota mencapai ratusan orang. Sampai saat ini, polisi terus memburu mereka yang terbukti jelas-jelas melakukan pidana dengan keahlian mereka.

“Dia mempunyai 600 hingga 700 anggota hacker di sana (grup SBH). Dia mempunyai anggota sebanyak itu. Semua anggota melakukan perbuatan itu. Anggota yang bergabung karena memiliki visi dan misi yang sama sebagai hacker di media sosial. Biasa kumpul-kumpul, sharing semua,” jelasnya.

2.5

“Jadi di Amerika sana ada data, bahwa ada peretasan sistem elektronik yang dilakuakan oleh sekelompok orang di Indonesia. Jadi kelompok itu sudah meretas 40 negara dan ada 3000 sistem elektronik yang diretas,” sambungnya.

Sementara itu modus yang dilakukan para pelaku dengan membobol sistem elektronik korban, kemudian mengirimkan email kepada korban, yang mengharuskan korban untuk membayar sejumlah besar uang. Pembayaran dilakukan melalui akun PayPal atau akun Bitcoin.

Atas perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 30 jo 46 dan atau pasal 29 jo 45B dan atau 32 Jo Pasal 48 UU RI No.19 Tahun 2016 tentang perubahan UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE dan atau pasal 3, 4, dan 5 UU RI No 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

(vi/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password