Mengenal Sosok Brigadir Nur Ali, Anggota Polri yang Mendapat Apresiasi Sangat Tinggi dari Kapolri

11 9

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, namanya Brigadir Nur Ali Suwandi, Pria kelahiran Malang 40 tahun yang lalu ini mendapat kejutan. Ia merasa senang, kaget dan sekaligus tak pernah menyangka, seorang Kapolri, Jendral bintang empat mau singgah sekaligus meresmikan Yayasan Bumi Damai yang ia bina.

Menjadi polisi di tahun 1998 dengan pangkat Bharada dan tugas pertama di satuan Pelayanan Markas (Yanma) Polda DIY. Dua puluh tahun mengabdi (2008), Brigadir Nur Ali mendirikan yayasan bumi damai yang berkonsentrasi pada bidang sosial, salah satunya merawat anak yatim piatu dan merawat orang tua jompo yang berada di pelosok daerah di sekitar Yogyakarta.

12

Awal mulanya Brigadir Nur Ali merawat anak yatim dengan cara menyantuni mereka, membiayai sekolah namun tetap tinggal di rumah masing-masing. Semakin lama anak asuh yang dia rawat semakin banyak. Hingga kini ada 111 anak asuh, dari yang paling kecil berumur 28 hari (Tito kecil) hingga yang berumur 22 tahun. Selain ratusan anak asuh yang ia bina, Pria sederhana ini juga rutin memberikan santunan kepada orang tua jompo yang tinggal di pelosok daerah dan sulit dijangkau.

Saat ini Brigadir Nur Ali sedang mengerjakan pembangunan masjid di wilayah Kabupaten Kulonprogo. Masjid ini adalah masjid yang ke-8 yang ia bangun bersama warga dengan dana swadaya dan bantuan para donatur. Saat dikonfirmasi oleh juru warta Tribratanews, Brigadir Ali menjelaskan ia enggan mengajukan proposal dalam pembangunan masjid ke beberapa pihak. Ia hanya yakin percaya pasti ada jalan dari Allah SWT.

“Kami yakin pasti Allah SWT akan memberikan jalan,” tuturnya.

Keteladanan inilah yang menurut Kapolri Jend Pol Prof H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. patut untuk diteladani bagi anggota Polri lainnya. Kapolri sangat mengapresiasi sosok anggota Polda DIY Brigadir Nur Ali Suwandi yang tulus merawat lebih dari 100 anak yatim. Tito berharap, seluruh anggota kepolisian bisa mencontoh apa yang dilakukan Nur Ali.

“Saya terus terang menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Brigadir Nur Ali,” ujar Kapolri di Yayasan Bumi Damai, Yogyakarta, Minggu (11/6/2018).

penulis : Jay
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password