Kapolri : Brigadir Ali Adalah Role Model Agen Perubahan

11 9

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Seusai menjadi Narasumber pada Dialog Nasional 8 “Indonesia Maju”, Kapolri Jend Pol Prof H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. mengunjungi Rumah Singgah Bumi Damai di Purbayan Kotagede, Minggu 11/03/2018.

11 8Satu hal yang menarik Kapolri untuk mengunjungi Rumah Singgah ini adalah karena di sinilah Brigadir Nur Ali Suwandi, Anggota Provos Polda DIY mengasuh bayi yang dinamainya Muhammad Tito Karnavian. Tito kecil diasuh oleh Brigadir Ali karena permasalahan keluarga yang menimpa ibu kandungnya, Wahyu Kurnia (34 tahun). Tito sendiri lahir pada Selasa 18 Februari 2018 di RS Bhayangkara, Kalasan.

Di Rumah Singgah Bumi Damai ini Kapolri menandatangani prasasti peresmian Yayasan Bumi Damai, kemudian Kapolri memotong rambut Tito Kecil dan mengusap serta mencium keningnya.

Dalam sambutannya Kapolri mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Brigadir Nur Ali Suwandi. Hal ini sejalan dengan mindset polisi jaman now. Polisi tidak lagi penguasa, tidak lagi reaktif melainkan harus pro aktif terhadap permasalahan di masyarakat. Termasuk permasalahan sosial.

“Apresiasi sangat tinggi, saya kagum dengan sosok seorang bintara ini karena tulus merawat anak yatim lebih dari seratus orang, mampu membina, mampu meyakinkan semua pihak memberi bantuan, bisa bangun yayasan dan masjid, semata-mata karena untuk keyakinan yang bersangkutan dan niat mencari ridho Allah,” tutur Kapolri di depan para hadirin.

Pada kesempatan tersebut, Kapolri langsung meminta Kapolda DIY Brigjend Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. untuk mengusulkan penghargaan apa yang tepat diberikan kepada Brigadir Ali.

“Catatan buat Pak Kapolda, apa yang bisa kita berikan penghargaan, silakan dipikirkan beberapa opsi, nanti kita berikan. Tapi meski demikian, saya yakin Brigadir Ali tak akan berhenti meski tak dapat penghargaan,” sambung Kapolri.

Bahkan secara khusus Kapolri meminta media untuk mengangkat kisah Brigadir Ali ini.

“Kepada media, tolong yang diangkat Pak Nur Ali, karena yang hebat bukan sayanya, tapi Pak Nur Ali ini,” jelas Kapolri.

Menurut Kapolri upaya yang dirintis Brigadir Ali bisa menjadi contoh bagi anggota Polri lainnya. Kapolri meminta setiap anggota polisi mau mengubah kultur yang tadinya merasa penguasa, menjadi lebih rendah setara dengan rakyat dan mengabdi untuk rakyat.

“Ini role model agen perubahan, contoh tidak melihat pangkat atau jabatan, ini figur seorang bintara bisa ditiru oleh anggota polri lain yang seharusnya malu lihat ini seorang bintara saja bisa, malulah yang pangkat tinggi karena pangkat rendah bisa lebih baik. Jadi ini juga salah satu alasan kenapa saya harus datang langsung, ternyata ada brigadir polisi punya yayasan,” ujarnya.

penulis : Agung MP
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password