Polisi Balangan ini Berhasil Tingkatkan Penghasilan Tujuh Desa dengan Tanam Jagung

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Sosok Polisi yang memang asli keturunan suku Dayak kecamatan Halong Brigadir Tutarmadi berhasil meningkatkan penghasilan warga di tujuh desa di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan dengan menanam jagung kuning.

Berkat bimbingan dan arahan yang dipelopori bhabinkamtibmas Polres Balangan Brigadir Tutarmadi yang bertugas di wilayah Kecamatan Halong ini, penghasilan warga pun meningkat dan kini warga telah menikmati usaha mereka di bidang tanaman jagung kuning.

Brigadir Tutarmadi mengungkapkan, awalnya sebelum mengajak warga untuk tanam jagung kuning, karena melihat penghasilan warga yang rendah, jauh dibanding daerah lain karena hanya mengandalkan sadapan karet. dirinya mencoba sendiri untuk bertani jagung.

WhatsApp Image 2018-03-03 at 00.00.32 (1)

“Jadi mulai tahun 2015 saya mengajak warga secara bertahap meningkatkan penghasilan mereka yaitu dengan cara menanam jagung kuning,” tutur Tutarmadi.

Mengawali upaya tersebut tentu saja bukan perkara mudah. Tutarmudi harus instens memberikan contoh bagaimana bertanam jagung yang baik dan benar, sehingga warga bisa melakukan tanam sendiri.

“Awalnya saya harus memberikan contoh penjelasan, lama-lama akhirnya mereka paham dan setuju serta antusias. Berbekal bibit jagung bantuan dari pemerintah ditanam warga dan berhasil bahkan hasilnya sangat bagus,” ujarnya.

Ketujuh desa tersebut yang berhasil dibina Tutarmadi yang berada di wilayah Kecamatan Halong adalah desa Padang Raya, Tabuan, Mantuyan, Uren, Mamigang, Mauya, dan Binuang Santang.

Tak tanggung-tanggung, setiap desa ada sekitar 20 hektare lahan yang telah ditanami jagung kuning, sehingga kini total lahan jagung di tujuh desa tersebut ada 140 hektare.

“Alhadulillah masyarakat jadi sangat terbantu sekali dengan adanya tanam jagung ini, penghasilannya meningkat dan juga hasil panennya sangat baik,” ucapnya.

AKP Toto Herryanto, Kapolsek Halong mengaku sangat senang dan bangga, serta mendukung penuh apa yang telah dikerjakan bhabinkamtibmas di Kecamatan Halong sehingga bisa bermanfaat di masyarakat.

“Ini menjadi semangat kami lebih memacu anggota dalam melaksanakan tugas sosial kemasyarakatgan di lapangan, khususnya bagi anggota di Polsek Halong dan umumnya di Polres Balangan,” ucapnya.

Penulis : Elh, Lois
Editor   : Alfian
Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password