Sinergitas TNI-Polri di Kota Tegal : Kompak Bersama Warga Gotong Tandu Toa Pek Kong

Tribratanews.polri.go.id, Polda Jateng – Kekompakan dan soliditas TNI-Polri bersama masyarakat terus dipupuk dan ditingkatkan melalui berbagai cara dan upaya, tak terkecuali dalam perayaan Tahun baru Imlek 2569 Kongzili yang di gelar Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal, Jawa Tengah.

Kepala Kepolisian Resor Tegal Kota, AKBP Jon Wesly Arianto bersama Dandim 0712/Tegal serta Komandan Lanal Tegal, Kamis (01/03/2018) siang ikut berpartisipasi bersama pengurus dan umat Khonghucu bahu membahu melakukan penggotongan tandu Toa Pek Kong.

“Hal ini wujud soliditas dan kekompakan kami baik Polri dan TNI bersama warga khususnya warga tionghoa yang merayakan,” ungkap AKBP Jon Wesly disela-sela kegiatan.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dalam perayaan Imlek ini berupa persembahyangan yang diawali ritual pensucian tandu yang berisi para Dewa di dermaga Pelabuhan Tegal. Sedikitnya 10 buah tandu yang selanjutnya diarak berkeliling dijalan protokol.

DSC_0176Selain kirab dan prosesi budaya penggotongan Toa Pek Kong. Dalam rangkaian perayaan Imlek juga digelar Pasar Kuliner di sepanjang Veteran atau kawasan sekitar Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal yang berlangsung hingga, Jumat (02/03) esok.

Sementara itu, pihak kepolisian dari Polres Tegal Kota menerjukan personel gabungan baik Polres maupun Polsek jajaran yang dibackup unsur TNI mengamankan kegiatan yang menyedot perhatian warga masyarakat untuk menyaksikan.

“Selama kegiatan kami juga upayakan pengalihan arus kendaraan terutama sepanjang jalur yang dilewati kirab,” ungkap Kapolres Tegal Kota melalui Kabag Ops Kompol H Muslic,S.Ag disela-sela pengamanan kegiatan.

Penulis : Kurnia
Editor : Alfian
Publish : Kurnia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password