Wakapolda Maluku Utara Pimpin Gelar Pasukan Operasi Bina Kusuma I Kieraha 2018

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Waka Polda Maluku Utara Kombes Pol Drs. Lukas Arry Dwiko Utomo, Pagi tadi memimpi secara langsung gelar pasukan Operasi Bina Kusuma I tahun 2018 Polda Maluku Utara, kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan apel Mapolda Maluku Utara dan di hadiri oleh para Pejabat Utama Polda, personil Polda dan peserta upacara gelar pasukan.

Gelar pasukan Operasi Bina Kusuma I Kieraha tahun 2018 Polda Maluku Utara ini, adalah langka awal dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan sebelum melaksanakan operasi baik pada aspek personil, materil, srana prasarana serta perlengkapan pendukung lainnya dalam pelaksanaan operasi kepolisian sehingga nantinya semua rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal.

Operas Bina Kusuma I Kieraha tahun 2018 ini, memiliki tugas untuk membangun dan menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat Maluku Utara akan pentingnya situasi Kambtibmas yang aman, tertib, rukun, damai dan harmonis demi kelancaran pembangunan nasional diwilayah Prov. Maluku Utara di masa akan datang. Sekaligus menyongsong pemilu Gubernur dan Wakil Gubernr Maluku Utara yang sebentar lagi akan memasuki tahap kampanye.

Polda Maluku Utara Melaksanakan Operasi Kepolisian dengan sandi  Bina Kusuma I Kieraha 2018, dengan mengedepankan kegiatan preentif, dimana fungsi Binmas mempunyai tupoksi yang memiliki kegiatan pembinaan dan penyuluhan yang di backup oleh fungsi lainnya dengan melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan agar operasi ini dapat berhasil dan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Maluku Utara.

Sebagaimana telah ditetapkan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian Kewilayahan Bina Kusuma Kieraha I 2018, dilaksanakan selama 15 hari terhitung mulai tanggal 14 samapi dengan tanggal 28 Februari 2018 dengan mengedepankan kegiatan preentif.

Wakapolda juga menyampaikan bahwa Operasi Kepolisian ini, dilaksanakan dalam rangka penjegahan, penangkalan serta penanggulangan penyakit masyarakat yang mengarah pada tindakan preman dan premanisme yang meliputi peredaran miras, penyalahgunaan narkoba, perjudian dan prostitusi.

Tujuan dilaksanakan Operasi Kepolisian di Kewilayahan ini adalah, untuk menciptakan situasi kondisi Kambtibmas yang aman, tertib, damai, rukun dan harmonis menjelang pelaksanaan dan pasca Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Prov. Maluku Utara, sehingga pelaksanaan pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Prov. Maluku Utara dapat berlangsung dengan aman, lancar dan sukses.

Adapun daera operasi Bina Kusima I kieraha 2018, meliputi seluruh wilayah hukum Polda Maluku Utara. Namun Kapolda memerintahkan untuk memprioritaskan sasaran operasi ini diwilayah Kab. Halmahera Utara, terkai persoalan masyarakata lingkar tambang yang ada di PT NHM Gosowong guna mengantisipasi timbulnya gejolak yang tidak kita inginkan, berikan pembinaan kepada masyarakat yang ada diwilayah tersebut dengan lebih fokus kepoada pencegahan serta penangkalan terkait ganguan Kambtibmas serta isu sara yang tidak menutup kemungkinan dipicu melalui kasus-kasus penyakit masyarakat.

Lanjut, Wakapolda mengharapkan Direktorat Binmas dan Jajarannya sebagai pelaksana dari Operasi Kepolisian Kewilayahan Bina Kusuma I Kieraha 2018, dapat mencapai salah satu harapan yang diinginkan yaitu masyarakat Maluku Utara dapat terhindar dari segala bentuk tindakan preman dan premanisme serta penyakit masyarakat lainnya, sebab hal yang sangat mudah untuk melihat keberhasilan sebua operasi yaitu masyarakat dapat merasakan keamanan dan kenyamanan dalam melaksanakan aktifitas seiring dengan keberadaan Anggota Polri dilapangan.

Waka Polda Maluku Utara Kombes Pol Drs. Lukas Arry Dwiko Utomo menginginkan jajaran fungsi Binmas untuk menunjukan keberhasilannya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab dalam operasi ini, tunjukan harapan besar anda agar masyarakat Maluku Utara terlindungi dari bentuk tindakan preman dan premanisme serta penyakit masyarakat lainnya.

Meskipun sama-sama telah kita ketahui bahwa operasi pekat Kieraha 2018 baru saja selesai dan akan dilanjutkan dengan operasi Bina Kusuma I kierah 2018, sudah tentunya hal ini semakin memberikan dampak yang lebih baik dalam mewujudkan kambtibmas yang aman serta kondusif di wilayah Polda Maluku Utara dari bentuk-bentuk gangguan Kambtibmas. Sebab kita sadari bersama bahwa potensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban slah satunya di akibatkan dari tindakan preman dan premanisme yang berdampak pada gangguan Kambtibmas seperti pada perkelahian antara kelompok yang mengarah pada kerusuhan social yang sangat merugikan perekonomian dan kesejateraan masyarakat Maluku Utara.

Penulis             : Wanto Tftt

Editor               : Alfian Nur

Publish             : Wanto Tftt

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password