Tokoh Intelektual Papua Minta Pilkada 2018 Harus Berjalan Dengan Baik

welington-wenda

Tribratanews.polri.go.id – Pemilukada di Provinsi Papua akan kembali digelar pada 2018 mendatang, untuk itu semua pihak diajak berperan serta dalam mensukseskan pesta demokrasi tersebut dengan aman, tertib, jujur dan bermartabat.

Tokoh adat dan juga Tokoh intelektual di Papua Welington Wenda saat di mintai tanggapan terkait dengan pemilukada 2018 mengungkapkan, setiap Kepala Daerah yang menjadi pembina partai harus memberikan sebuah komitmen untuk menjaga ruang demokrasi agar berjalan dengan baik.
 
Menurut mantan Bupati Pegunungan Bintang itu, Bupati dan Gubernur tugasnya sebagai pembina politik, dan pemimpin harus memberikan didikan politik yang baik kepada masyarakat. Pendidikan dan pembangunan politik harus dilakukan, partai harus lakukan kaderisasi, pemahaman konstituen politik kepada kadernya supaya tidak bikin macam-macam dan penegakan hukum harus jalan.
 
Lanjutnya, UU pemilu itu luar biasa, panwas diberi kewenangan, tapi belum selaras, dimana yang masih terjadi di daerah rakyat masih terus dibodohi dengan money politic hasil korupsi. Untuk itu, dirinya mengimbau agar semua pihak punya kewajiban untuk melaksanakan hukum.
 
“Pemda juga lemah, dana untuk penyuluhan hukum di tiap daerah hampir tidak ada dan tidak berjalan. Sosialisasi pemilu dengan larangannya juga saya tidak tahu berjalan apa tidak? Kalau itu disampaikan ke semua pihak semua akan teratur. Jangan halang-halangi orang untuk menyalurkan hak suaranya dan Jangan main kotor, karena keteladanan seperti apa yang nanti mau diikuti rakyat,” jelasnya.

Penulis: Rei

Editor: Alfian Nur

Publisher: Rei

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password