Rapat Penyampaian Hasil Rapim TNI-POLRI Tahun 2018, Polda Sulbar

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Dalam rangka menindak lanjuti Hasil Rapat Pimpinan Polri tentang kesiapan pengamanan pilkada dan pemilu 2018-2019, Polda Sulbar menggelar rapat penyampaian hasil rapim TNI-POLRI tahun 2018, Rabu (14/2/18) di Aula Mapolda Sulbar.

Rapat penyampaian hasil Rapim ini mengangkat tema ” Dilandasi dengan Sinergi, Soliditas, Profesionalitas TNI-POLRI siap mengamankan Pilkada serentak 2018 dan tahapan Pemilu 2019 dalam rangka menjamin kelangaungan pembangunan nasional”.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan rapat penyampaian hasil rapim dibuka secara resmi oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharudin Djafar, M.Si dan dilanjutkan dengan sambutan Danrem 142 Tatag, Ketua DPRD, Komusioner KPU Provinsi, Bawaslu Provinsi dan diakhiri dengan Sambutan Kapolda sekaligus penyampaian hasil Rapat Pimpinan Polri.

Danrem 142 tatag Kolonel Inf. Taufiq Shobri pada kesempatan pertamanya mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya atas penghargaan yang diberikan kepada kami dalam menghadiri kegiatan rapim TNI-POLRI guna meningkatkan sinergitas.

Harapanya kedepan TNI-POLRI tetap bisa mempererat hubungan dalam membantu program-program pemerintah demi mewujudkan kondifitas kamtibmas.

Di Era ini, Perubahan tatanan dunia tentu harus di sikapi dengan perubahan yang serupa agar sejalan dengan perkembangan yang ada, maka yang paling perlu kita jaga adalah sinergitas TNI-POLRI dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Karena dengan sinergi TNI-POLRI akan membina persatuan dan kesatuan bangsa. Yang terpenting jangan saling menjelek-jelekkan karena yakin saja kehidupan akan menjadi indah jika tetap membangun kebersamaan.

Terkait dengan Netralitas, sesuai dengan Ketegasan Kapolri dalam hal Netralitas dalam pesta demokrasikami, dari TNI juga bertekad kuat untuk tetap menjunjung Netralitas demi mewujudkan pesta demokrasi yang tetap aman dan kondusif, Tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Prov. dalam kesempatannya mengapresiasi sinergitas TNI -POLRI dalam menyelesaikan persoalan yang ada disulawesi barat utamanya yang berkaitan dengan proses pilkada serentak.

“Harapannya hal ini dapat terus dijaga dan dipertahankan demi keamanan sulbar”, Tuturnya.

Lain halnya dengan Komusioner KPU Prov. Sulbar, ia mengatakan, Saat ini KPU telah melakukan proses evaluasi proses penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu bahkan uji kelayakan serta pemetaan pilkada juga telah dilakukan, dan besar harapan kami pelaksanaan pesta demokrasi kedepan dapat berlangsung aman dan lancar.

Untuk itu, kami tetap mengharapkan pengawalan dan kontrol dari Polri demi menjaga segala hal-hal tidak diinginkan yang dapat menghambat proses pilkada damai, Tuturnya.

Bawaslu Provinsi, pada kesempatannya mengucapkan banyak terimakasih atas sinergitas yang telah dibangun selama ini dalam menyukseskan seluruh rangkaian pesta demokrasi.

Sementara itu, Kapolda sulbar mengatakan tantangan keamanan dalam negeri telah diprediksi akan akan muncul seperti konflik sosial, sara, politik identitas dan sebagainya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut tentu harus dibangun sinergi dan solidaritas antara sesama baik itu antara umat beragama dan seluruh unsur pemerintah, masyarakat dan pihak keamanan.

Pada penyampaian hasil rapim, di depan para peserta rapat Kapolda juga menyampaikan Kebijakan utama promoter yakni peningkatan Kinerja(Pelayanan Publik berbasis IT, Gakkum yang Profesional, Harkamtibmas yang Optimal), Perbaikan Kultur (menekan budaya koruktif, tekan arogansi kewenangan, minimalisir kekerasan eksetif) dan Manajemen Media ( menekan berita negatif dan mengangkat berita positif di media).

Hal tersebut diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan dalam melaksanakan tugas yang lebih maksimal khususnya untuk menyukseskan pesta demokrasi kedepan.

Apabilah ada masalah di TPS jangan ditingkatkan ke PPS sebelum diselesaikan di TPS agar persoalan yang ada bisa diselesaikan dengan baik dan jelas.

Kerawanan utama yang perlu diantisipasi pada ajang pesta demokrasi yaitu maraknya politik uang (money politik), berita Hoax, Politik Identitas dan sebagainya.

Untuk itu, seluruh potensi kerawanan yang ada harus ditangani secara bersama demi mewujudkan proses pilkada yang damai, aman dan demokratis.

Yang terpenting adalah tetap menjaga Netralitas karena kunci kesuksesan pilkada hanya ada di Netralitas seluruh elemen, Tutur Kapolda.

Selanjutnya, kegiatan rapat penyampaian hasil rapim juga dirangkaikan dengan dialog sekaligus penyampaian teknis cara bertindak oleh Karo Ops Polfa Sulbar dalam menyuseskan seluruh rangkaian Pilkada maupun pemilu 2019.

Penulis : Dhyman

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password